Senin, 18 September 2023 20:09 WIB

Puncak Peringatan World Patient Safety Day 2023

Responsive image
ant/rfs - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
448

Jakarta (17/09) – Hari Keselamatan Pasien Sedunia atau yang biasa kita kenal dengan World Patient Safety Day (WPSD) merupakan salah satu hari Kesehatan Masyarakat global yang dicanangkan oleh World Health Organization (WHO). Kementerian Kesehatan melalui Direkrorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Bekerja Sama dengan Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta, menyelenggarakan Puncak peringatan Hari Keselamatan Pasien Sedunia Tahun 2023 di RS Kanker Dharmais Jakarta. 

Setiap tahun, satu tema baru dipilih untuk menyoroti area prioritas keselamatan pasien, di mana aksi nyata dibutuhkan untuk mengurangi risiko yang dapat dihindari dalam perawatan kesehatan dan mencapai cakupan kesehatan semesta (universal health coverage). Tahun 2023, tema Hari Keselamatan Pasien Sedunia bertema Engaging Patients for Patient Safety atau pelibatan pasien untuk keselamatan pasien. Melalui slogan “Elevate the voice of patients!”, WHO menyerukan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk mengambil Tindakan yang diperlukan untuk memastikan bahwa pasien dilibatkan dalam perumusan kebijakan, perancangan strategi keselamatan pasien, dan menjadi mitra yang dapat berkontribusi secara aktif dalam perawatan mereka.

Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, pemerintah dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan, menyatakan bahwa setiap fasilitas pelayanan kesehatan harus melaksanakan standar Keselamatan Pasien, dan mengamanahkan ketentuan lebih lanjut mengenai standar keselamatan pasien diatur dengan peraturan Menteri. Saat ini kita telah memiliki Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 11 Tahun 2015 tentang Keselamatan Pasien, dimana substansi didalamnya juga sudah mengatur bahwa Keselamatan Pasien dalam pemberian pelayanan dapat ditingkatkan dengan keterlibatan pasien dan/atau keluarga yang merupakan partner dalam proses pelayanan.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dalam sambutan pembukaannya menyampaikan World Patient Safety Day tahun 2023 mengusung tema yang memberikan pengakuan atas peran penting pasien dan keluarga dalam keselamatan layanan Kesehatan, karena berdasar Fakta di lapangan menunjukkan bahwa Ketika pasien diperlakukan sebagai mitra dalam proses perawatan terjadi peningkatan yang signifikan dalam hal keselamatan dan kepuasan pasien. Untuk itu saya mengajak bapak/ibu bahkan seluruh pihak yang terkait untuk bersama-sama berperan aktif dalam Upaya-upaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien secara terus menerus dan berkesinambungan, ungkap dr. Azhar Jaya, SH, SKM, MARS.

Puncak Peringatan Hari Keselamatan Pasien Sedunia Tahun 2023 kali ini mengundang perwakilan dari Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, Asosiasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Perwakilan dari Yayasan Orang Tua Peduli, Praktisi dan perwakilan pasien untuk mengisi Talkshow dan membahas keterlibatan pasien untuk keselamatan pasien.