Jumat, 09 Oktober 2020 14:38 WIB

Puslitbangkes Kemenkes RI Lakukan Monitoring Visit Solidarity Trial dan Plasma Convalescent di RSUP Kandou Manado

Responsive image
Hukormas - RSUP Prof. dr. R.D. Kandou Manado
689

 

MANADO - Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya dan Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI Dr.dr. Irmansyah, Sp.KJ(K) bersama Kepala Sub Bidang Pelayanan Kesehatan Primer dan Rujukan dr. Tetra Fajarwati, M.Gizi dan Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya dan Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI melakukan visit terkait dengan Solidarity Trial dan Plasma Convalescent Di RSUP Kandou Manado. Jumat, 09 Oktober 2020.

Direktur Utama RSUP Prof.Dr.R.D. Kandou Manado Dr.dr.Jimmy Panelewen, SpB-KBD didampingi Direktur SDM Pendidikan dan Umum Dr.dr. Ivonne E.Rotty, M.Kes, dan Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang dr. Jehezkiel Panjaitan menyambut baik kehadiran Tim Litbangkes untuk melakukan monitoring dan visit terkait dengan Solidarity Trial dan Plasma Convalescent di RSUP Kandou Manado.

Dirut menyampaikan apresiasi kepada tim Plasma Convalescent yang diketuai oleh Prof.dr. Linda W.A. Rotty, Sp.PD-KHOM yang sudah mempresentasiikan bagaimana persiapan dari tim Plasma Convalescent  RSUP Kandou dalam melakukan penelitian ini. Demikian pula dengan tim Solidarity Trial yang diketuai dr. Agung Nugroho, Sp.PD-KPTI yang sudah memaparkan  hasil penelitian yang dilakukan di RSUP Kandou.

Lanjut Panelewen, RSUP Kandou Manado sebagai Rumah Sakit Pendidikan dipercayakan oleh Badan Litbangkes Kemenkes RI untuk berpartisipasi dalam penelitian Plasma Convalescent terapi dan Solidarity trail. Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya dan Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI Dr.dr. Irmansyah, Sp.KJ(K) mengapresiasi atas capaian RSUP Kandou dalam kedua penelitian ini dengan jumlah sample diatas nilai rata-rata nasional.

Dikatakan pula kunjungan monitoring kali ini bertujuan untuk menyeleraskan data dan mengatasi kesulitan penelitian yang di temukan di RS Kandou. Selain itu Solidarity Trial dan penelitian Plasma Convalescent ini membawa manfaat yang luar biasa bagi masyarakat Sulawesi Utara karena memperoleh akses pengobatan terbaru untuk Covid-19 terutama pasien dengan kategori sedang dan berat imbuhnya.

Usai melakukan pertemuan tim Monitoring Visit Solidarity Trial dan Plasma Convalescent melakukan peninjauan ke Unit Trabsfusi Darah dan tempat penelitian lainnya di RSUP Kandou Manado.