Jumat, 26 Mei 2023 00:32 WIB

Delegasi Iran Tinjau Pengembangan Robotic Telesurgery di RSHS

Responsive image
RFU - RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung
307

Bandung (25/05) - RSHS mendapat kunjungan resmi dari delegasi Iran yang dipimpin oleh Wakil Presiden Bidang Iptek dan Ekonomi Berbasis Pengetahuan Republik Islam Iran H.E Rohullah Dehgani Firouzabadi. Kunjungan ini merupakan bentuk kemitraan Indonesia dan Iran dalam pengembangan Robotic Telesurgery dimana RSHS dan RSUP Dr.Sardjito adalah dua rumah sakit yang ditunjuk menjadi proyek percontohan pengembangan Robotic Telesurgery di Indonesia. Rombongan delegasi Iran diterima oleh Direktur Tata kelola Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, dr. Sunarto M.Kes dan Plh. Direktur Utama RSHS di Lobi Utama RSHS Jl. Pasteur 38.

Plh. Direktur Utama RSHS, dr. Iwan Abdul Rachman, Sp.An.,KNA.,M.Kes  dalam sambutannya mengungkapkan bahwa dengan adanya transfer ilmu di bidang kedokteran teknologi ini, semoga dapat meningkatkan kualitas layanan, pendidikan dan penelitian di RSUP Dr Hasan Sadikin. Dalam kunjungan ini Delegasi Iran juga meninjau ke Ruang Robotic telesurgery RSHS untuk melihat sejauh mana progress pengembangan Robotic Telesurgery di RSHS.  Turut hadir juga dalam kesempatan ini, Direktur Tata kelola Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, dr. Sunarto M.Kes.

Robotic Telesurgery adalah pembedahan yang menggabungkan teknologi robotic dan telesurgery (bedah jarak jauh). Untuk persiapan pengembangan teknologi ini, RSHS telah melakukan training untuk para dokter dengan trainer dari Iran. Training ini dibagi dalam beberapa tahapan yaitu tahapan latihan dengan memakai simulator, tahapan pelatihan dengan menggunakan jaringan hewan dan setelah itu barulah nanti tahapan tindakan pada manusia. Dengan adanya teknologi Robotic Telesurgery ini diharapkan kedepannya akan lebih banyak pasien yang terbantu untuk meningkatkan status kesehatannya.