Jumat, 31 Desember 2021 14:57 WIB

Psikiater RSJMM Lakukan Pendampingan Layanan Kesehatan Jiwa Masyarakat

Responsive image
(PKRS) - RS Jiwa dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor
613

BOGOR - Psikiater Rumah Sakit Jiwa dr. H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor melakukan pendampingan layanan kesehatan jiwa masyarakat di Puskesmas Cicangkal, Bogor, Selasa (21/12). Kegiatan yang disertai dengan edukasi kesehatan jiwa masyarakat oleh kali ini terasa lebih meriah karena kehadiran lintas sektor dari kecamatan, koramil, desa, kader, PPDM Dinsos, dam keluarga ODGJ yang datang ke lokasi acara kegiatan. Kemeriahan pun bertambah dengan kehadiran Petugas Dompet Duafa yang membawa 39 paket sembako untuk 39 keluarga ODGJ yang hadir ke Puskesmas Cicangkal.

Kepala Puskesmas Cicangkal yaitu dr. Tatik Yuniarti, dengan Yoyoh Nurohmah, sebagai Programer Kesehatan Jiwa, tampil pertama untuk membuka dan melaporkan acara kegiatan, mengucapkan terimakasih kepada RSJMM dam Lintas sektor yang hadir. "Terima kasih kepada Tim RSJMM yang mau hadir ke Puskesmas Cicangkal untuk memberikan pelayanan kesehatan jiwa dan juga kepada lintas sektor yang telah hadir memenuhi undangannya,” katanya.

Sekretaris Kecamatan Rumpin Suparman memberikan apresiasi kepada Puskesmas Cicangkal dan RSJMM. "Apresiasi untuk Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor melalui Puskesmas Cicangkal dan RSJMM atas layanan kesehatan jiwa yang diberikan secara gratis," ujarnya.

Iyep Yudiana yang diminta untuk memberikan pemaparan, memberikan materi terkait pentingnya peran lintas sektor dalam pelayanan kesehatan jiwa di hadapan 39 peserta yang hadir, disertai pemutaran video dan diskusi tanya jawab, di ruang aula dan koridor puskesmas, karena tidak cukup menampung jumlah peserta yang membludak.

Pemeriksaan dan pengobatan gratis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor melalui  Puskesmas Cicangkal dan RSJMM melalui dr. Prasetiyawan, Sp.KJ(K) sebagai Psikater, berhasil memeriksa dan mengobati 39 ODGJ yang datang dari 57 ODGJ yang terdata di Puskesmas Cicangkal, yang tersebar di wilayah kerja puskesmas seperti Desa Tamansari, Sukasari, Mekarsari, Kertajaya dan Sukamulya, dengan kegiatan pelayanan yang biasa dilakukan seperti pengobatan, konseling, home visite, pendampingan dan edukasi kesehatan jiwa, rujukan ke RSJMM, dll.

Di penghujung acara, seluruh keluarga ODGJ diberikan paket sembako yang langsung diberikan oleh tim Dompet Duafa kepada 39 ODGJ dan keluarga yang telah mengikuti kegiatan Pengobatan dan Penyuluhan Kesehatan Jiwa Masyarakat, yang dipungkas dengan foto bersama.