Rabu, 17 Juli 2024 02:10 WIB

RS M Djamil Sambut Tim imPACT Mission dari IAEA, WHO, dan IARC

Responsive image
Humas - RSUP dr. Djamil Padang
4

Padang (16/07) - RS M Djamil Padang menerima kunjungan visitasi dari imPACT Mission Team (integrated mission of Programme of Action for Cancer Therapy) yang terdiri dari para ahli dari IAEA, WHO, dan IARC. Pertemuan yang berlangsung di Aula Lantai IV Gedung Poli Rawat Jalan ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program terapi kanker yang telah berjalan di rumah sakit tersebut.

Direktur Utama RS M Djamil, Dr. Dovy Djanas SpOG KFM MARS FISQua, bersama jajaran direksi menyambut kedatangan tim imPACT yang terdiri dari Dr. Les Mery (IARC), Dr. Bishnu Rath Giri (WHO), Dr. J P Agarwal (IAEA), Dr. Suresh Kumar (WHO), Dr. Banu Arun (WHO/IAEA), Dr. Igor Veljkovikj, dan Dr. Partha Basu (IARC).

"Kami merasa terhormat atas kunjungan tim ahli internasional dari IAEA, WHO, dan IARC. Kunjungan ini merupakan bagian penting dari upaya untuk melakukan penilaian menyeluruh terhadap kapasitas dan kebutuhan dalam pengendalian kanker di Indonesia," ujar Dr. Dovy Djanas dalam sambutannya.

Dr. Dovy menjelaskan bahwa penilaian ini akan memberikan gambaran yang lebih komprehensif mengenai situasi pengendalian kanker di Indonesia, serta menghasilkan rekomendasi yang akan menjadi dasar kebijakan pengendalian kanker untuk periode 2025-2029.

RS M Djamil Padang memiliki berbagai fasilitas onkologi seperti kemoterapi, radioterapi, dan layanan bedah onkologi yang didukung oleh tim multidisiplin yang terdiri dari dokter spesialis onkologi, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya. Sebagai rumah sakit rujukan utama untuk pasien kanker di wilayah Sumatera bagian tengah, RS M Djamil menangani kasus-kasus kanker yang kompleks dan memberikan layanan rujukan serta konsultasi dengan rumah sakit lain di Indonesia.

"Upaya berkelanjutan dalam peningkatan kapasitas dan kualitas layanan, serta kerjasama dengan berbagai pihak diharapkan dapat meningkatkan penanganan isu kanker di Indonesia, khususnya di RS M Djamil Padang," tambah Dr. Dovy.

Ia berharap kunjungan ini dapat memberikan manfaat besar dalam upaya meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan kanker di Indonesia, serta menghasilkan rekomendasi yang membantu dalam penyusunan program kanker yang lebih komprehensif dan efektif.

Selain pertemuan, Tim imPACT yang didampingi oleh tim RS M Djamil juga mengunjungi sejumlah pelayanan yang terlibat dalam pelaksanaan program terapi kanker di rumah sakit tersebut.