Jumat, 19 November 2021 08:28 WIB

Rangkaian Kegiatan HUT ke-93 RSPG Cisarua Bogor

Responsive image
47 kali
(Dok/IR/17/11/2021) - RS Paru Dr.M. Goenawan Partowidigdo Cisarua

BOGOR - Pada hari Kamis  tanggal 17 November 2021, Hari Jadi ke-93 RS Paru Dr. M. Goenawan Partowidigdo (RSPG) Cisarua Bogor jatuh pada tanggal 15 November 2021 tepatnya pada hari senin kemarin, rangkaian acara dengan dilaksanakannya simposium medis dan keperawatan melalui Daring / online. Untuk tahun ini puncak perayaan masih sama dengan satu tahun lalu, dimana sangat berbeda dengan tahun – tahun  sebelumnya yang normal, hal ini dikarenakan new normal masih dalam situasi dan kondisi dimasa pandemi Covid-19 yang masih tidak memungkinkan dilaksanakan secara normal (semua pegawai tidak bisa langsung bertatap muka dan bersilaturahim bersama) seperti biasanya.

Dalam HUT ke-93 RSPG ini mengambil tema “Bersama RSPG Berbagi Semangat dan Energi dengan Adaptasi Kebiasaan Baru”. Dengan tidak mengurangi esensi kehidmatan acara HUT ke-93 RSPG diisi dengan berbagai kegiatan yang lebih bermanfaat yaitu dengan rangkaian kegiatan, diantaranya : Kompetisi Inovasi, Opini Ilmiah, pemilihan Pegawai Berprestasi, Edukasi Kesehatan Lintas Sektor, Simposium Medis, Simposium Keperawatan dan pada acara puncaknya nanti akan diadakan di bulan Desember 2021 yang akan datang bersamaan dengan peresmian Gedung IGD, Laboratorium dan Perawatan MDR TB Terpadu yang akan diresmikan oleh petinggi dari Kementerian Kesehatan RI.

Acara kegiatan Simposium medis telah dilaksanakan hari senin tanggal 15 November 2021 kemarin sebanyak 3 (tiga) sesi secara Daring, sebagai kata pembuka disampaikan oleh Direktur Utama RSPG Cisarua Bogor (dr. Ida Bagus Sila Wiweka, Sp.P(K), MARS), dilanjutkan oleh Direktur Jendral Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI (Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D, Sp.THT-KL(K), MARS) sebagai keynote speaker. Beliau memberikan ucapan Selamat HUT RSPG ke-93 serta menyampaikan ucapan terima kasih atas kontribusi RSPG dalam menyehatkan masyarakat khususnya yang berkaitan dengan kesehatan paru. Beliaupun didaulat untuk memberikan paparan ilmiahnya dengan tema “Peran RS Paru dalam Transformasi Sistem Pelayanan   Kesehatan Nasional”. Sebagai pemateri pertama dalam simposium medis ini adalah dr. Tiffany Tiara Pakasi, MA (Koordinator Substansi Tuberkulosis Dit. P2PML Ditjen P2P Kemenkes RI) menyampaikan materi “Strategi Penguatan Jejaring Internal dan Eksternal TB untuk Rumah Sakit”. Pemateri kedua adalah Dr.dr.Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), FISR, FAPSR. (Direktur Utama RSUP Persahabatan) menyampaikan materi “ Optimalisasi Pelayanan Tuberkulosis”. Dan pemateri ketiga adalah dr. Andre Tanuwijaya, Sp.KFR dengan materi “Rehabilitasi Paru pada Penderita Tuberkulosis”.

Pada simposium ilmiah medis sesi kedua bertindak sebagai pemateri pertama adalah dr. Priska Duana Putri, Sp.P dengan paparan materi “Perbandingan Strategi Pengobatan Pengontrol pada Manajemen Asma Jangka Panjang”, pemateri kedua adalah dr. Neni Sawitri, Sp.P(K), FISR. dengan dengan paparan materi “Penggunaan ICS/Laba yang tepat PPOK”. 

Simposium ilmiah medis sesi ketiga diawali dengan penyampaian sambutan oleh Ketua IDI Cabang Bogor dr. Koko Harnoko, Sp.P,FISR. Kemudian dilanjutkan oleh pemateri pertama dr. Nina Herlina, Sp.A dengan materi “A Deeper Look Into Acute Exacerbation of Pediatric Asthma, Benefit of Nebulisation Budesonide” dan pemateri terakhir adalah dr. Fordiastiko, Sp.P(K), FISR. dengan materi “Paradigm Shift in Asthma : Preffered Reliever for Better Asthma Management”.

Sedangkan Simposium Keperawatan dilaksanakan pada hari berikutnya yaitu pada selasa tanggal 16 November 2021 dengan pemateri pertama adalah disampaikan oleh Ns. Ai Empat Patimah, S.Kep dengan materi “Improving Patient Care Prevention and Management Tuberculosis with Multidrug-Resistent Desease”, pemateri kedua adalah Ns. Redi Satriadi Rahman Hakim, S.Kep dengan materi “Identifying Lung Emergency with Invasive Procedure in Nursing” dan pemateri terakhir dalam seminar online Keperawatan ini adalah Suhendra, S.Kep dengan materi “Critical Nursing Practice Airway Management for Lung Disease”, yang dilanjutkan dengan Sambutan. serta pembacaan do’a dengan intinya memohon kepada Allah SWT. Tuhan Yang Maha Kuasa untuk keberkahan, keridhoan dan pandemi Covid-19 ini untuk dapat segera berakhir.

Rangkaian kegiatan HUT ke-93 RSPG Cisarua Bogor diantaranya adalah sebagai berikut :

  • 1 Oktober – 12 November 2021 Kompetisi Inovasi, Opini Ilmiah dan Pegawai Berprestasi,
  • 12 November 2021 Pelaksanaan Upacara virtual HKN ke-57 tahun bersama Kementerian Kesehatan RI,
  • 12 November 2021 Edukasi Kesehatan Lintas Sektoral,
  • 15 November 2021 Simposium Medis secara Daring/Online,
  • 16 November 2021 Simposium Keperawatan secara Daring/Online, dan
  • Acara Puncak akan dilaksanakan pada bulan Desember 2021.

Selamat Hari Jadi RSPG ke-93, Bersama RSPG Berbagi Semangat dan Energi dengan Adaptasi Kebiasaan Baru semoga terus maju dan sukses dalam melayani masyarakat serta seluruh keluarga besar civitas RSPG diberi keberkahan, kekuatan dan kesehatan oleh Allah SWT. Tuhan YME dan Semoga Covid-19 cepat berlalu.