Senin, 15 November 2021 11:30 WIB

Semangat Untuk Melaksanakan Transformasi Kesehatan di masa Pandemi Covid-19

Responsive image
(Bw/Hukormas) - RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta
409

SUKOHARJO - Tepat di hari Jum'at, tanggal 12 Nopember 2021, Hari Kesehatan Nasional Tahun 2021 diperingati secara sederhana melalui virtual dari Youtube Kementerian Kesehatan pukul 08.00 WIB - selesai.

Upacara memperingati HKN Ke-57 di RS. Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta diikuti oleh para jajaran direksi  dan seluruh pegawai RS.Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso.

Dalam sambutan Bapak Menteri Kesehatan RI, Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU menyampaikan ada pecanangan transformasi kesehatan dalam 6 bidang. Diantaranya, yang pertama transformasi dilayanan primer, yang mana seluruh puskesmas, klinik-klinik yang ada di pelosok harus bisa kita bantu untuk meningkatkan pelayanan promotif dan preventifnya. Transformasi yang kedua adalah transformasi layanan rujukan gimana kita harus meningkatkan keterbukaan atau akses ke rumah sakit kita kualitas layanannya sehingga seluruh rakyat Indonesia yang sakit bisa dengan mudah mendapatkan layanan dengan kualitas yang baik tanpa perlu antri lama tanpa perlu pergi ke luar negeri.

Ketiga, transformasi dari sistem ketahanan kesehatan Indonesia adalah negara selain dikaruniai sumber daya alam yang banyak tapi juga sering mengalami bencana baik itu bencana alam maupun bencana non alam yang memberikan korban yang cukup banyak di rakyat kita. Sehingga kita harus memiliki sistem ketahanan kesehatan untuk setiap kali ada bencana kita selalu siap, kita selalu siaga, dan kita selalu bisa melayani rakyat yang menjadi korban. Transformasi yang keempat adalah transformasi di sistem pembiayaan kesehatan kita harus bisa menciptakan pembiayaan yang berkesinambungan yang masuk akal yang bisa memberikan layanan yang adil dan merata di seluruh rakyat Indonesia tapi juga dalam skala yang bisa ditanggung secara berkesinambungan oleh negara.

Transformasi yang kelima adalah transformasi di bidang sumber daya kesehatan kita harus akui bahwa masih banyak rasa kita yang belum bisa mendapatkan akses ke dokter masih banyak rekan kita yang di pelosok-pelosok.

Dan transformasi yang terakhir yang ke-6 adalah transformasi teknologi kesehatan big data artifisial intelijen atau kecerdasan buatan internet of things. Industri lain seperti industri transportasi industri pariwisata dan hotel industri makanan industri perbankan dan banyak industri lainnya kami melihat bahwa kedepannya industri kesehatan sekarang masih juga akan mengalami transformasi dengan adanya kemajuan teknologi informasi.

Di akhir upacara secara virtual Direktur Sumber Daya Manusia, Pendidikan, Umum dr. R. Safil Rudiarto Hendroyogi, Sp.Rad.MM. mengingatkan untuk hasil mengevaluasi kegiatan assesment WBBM di satuan kerja agar terus ditingkatkan dan juga selalu semangat untuk berubah.