Rabu, 03 November 2021 09:44 WIB

Kegiatan Baksos RS Mata Makassar Kerjasama dengan IROPIN Propinsi Sulawesi Selatan

Responsive image
Humas - RS Mata Makassar
371

MAKASSAR - Kelainan refraksi mata merupakan gangguan mata yang sering terjadi pada seseorang. Gangguan ini terjadi ketika mata tidak dapat melihat / focus dengan jelas pada suatu area terbuka sehingga pandangan menjadi kabur. Kelainan refraksi yang umum terjadi antara lain myopia, hipermetropia dan astigmatisme.

Oleh karena itu, diperlukan adanya deteksi dini kelainan refraksi mata pada usia sekolah agar dapat ditemukan kasus kelainan refraksi secara dini. Skrining mata mampu mendeteksi dini kondisi mata yang berpotensi mengancam penglihatan. Pemeriksaan tajam penglihatan dilakukan dengan kartu Snellen (Snellen Chart/ E Chart) yang berisikan berbagai ukuran huruf atau angka. Tahun ini dalam Rangka  World Sight Day 2021 RS Mata Makassar bekerjasama dengan IROPIN Propinsi Sulawesi  Selatan melakukan Bakti Sosial Pemeriksaan Tajam Penglihatan & Pemberian Kacamata Untuk Masyarakat Umum Usia 7 s/d 25 Tahun. 

Penyerahan kacamata dilakukan secara simbolis oleh Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang dr. Asnadah, Mars dan Ketua IROPIN Propinsi Sulawesi Selatan Andri Senoja, AMD. Diharapkan dengan adanya pembagian kacamata gratis ini dapat menekan tingkat kebutaan pada anak sejak dini(1/11).