Jumat, 29 Oktober 2021 13:20 WIB

Psikiater RSJMM Dilantik sebagai Dokter Ahli Utama, Jenjang Tertinggi pada Jabatan Fungsional Dokter

Responsive image
(Hukormas/R) - RS Jiwa dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor
437

BOGOR - Psikiater sekaligus Kepala Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Jiwa dr. H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor dr. Widayanti Dewi Wulandari, Sp.KJ atau yang sering disapa dr. Wulan diangkat sebagai Dokter Ahli Utama, yang merupakan jenjang tertinggi pada jabatan fungsional dokter. Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Prof. Abdul Kadir secara virtual melantik dr. Wulan yang didampingi jajaran direksi serta pejabat fungsional RSJMM, Kamis (28/10), di Ruang Ciremai RSJMM.

Prof. Abdul Kadir dalam pidatonya berpesan pada pejabat fungsional yang telah dilantik agar berperan dalam meningkatkan layanan kesehatan di satuan kerjanya serta dapat mendorong terciptanya inovasi-inovasi untuk melayani masyarakat.

“Perkembangan permasalahan kesehatan akan terus ada sejalan dengan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Saat ini fasilitas layanan kesehatan tidak hanya diminta untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar, namun harus mampu mengembangkan inovasi baru dan tetap mengedepankan aspek keselamatan, kenyamanan, dan kepuasan pasien,” ujarnya.

Direktur Utama RSJMM dr. Fidiansjah yang turut hadir dalam pelantikan tersebut mengucapkan selamat kepada dr. Wulan karena telah mencapai jenjang tertinggi, dan berharap kenaikan jabatan ini dapat berimbas positif pada rumah sakit.

“Kita memang sedang membutuhkan peningkatan status rumah sakit menjadi rumah sakit pendidikan terakreditasi. Salah satu hal yang Bapak Menkes pernah ingatkan adalah kekuatan di dalam penelitian,” katanya.

Psikiater lain juga diharapkan untuk semakin terpacu dengan adanya Dokter Ahli Utama di RSJMM, terutama dalam hal penelitian. Ke depannya, dr. Fidiansjah berharap akan muncul dokter ahli utama lainnya dari RSJMM.

“Dengan adanya jabatan ahli utama ini kami harap akan timbul semangat untuk menggerakkan teman-teman di kalangan psikiater, dalam konteks penelitian, harus ditingkatkan, karena itu akan menjadi nilai yang sangat penting untuk bisa mendapatkan suatu kompetensi dari ahli utama yang nanti akan menularkan kepada psikiater lain, sehingga akan muncul ahli-ahli utama berikutnya di kalangan psikiater,” pungkasnya.