Senin, 11 Januari 2021 16:48 WIB

Kegiatan Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia RSPG Cisarua Bogor

Responsive image
620 kali
(Dok/IR/11/1/2021). - RS Paru Dr.M. Goenawan Partowidigdo Cisarua

BOGOR - Dalam rangka Hari Perencanaan Gerakan Sejuta Pohon yang jatuh dan diperingati pada setiap tanggal 10 Januari, untuk mendukung hal tersebut pada hari Jum’at tanggal 8 Januari 2021 RS Paru Dr. M. Goenawan Partowidigdo (RSPG) Cisarua Bogor mengadakan gerakan menanam pohon penghijauan (Reboisasi) yang dilakukan oleh Direktur Utama (dr. Ida Bagus Sila Wiweka, Sp.P (K), MARS), perwakilan pejabat struktural dan pegawai RSPG Cisarua Bogor yang berlokasi disekitar lingkungan RSPG Cisarua bogor.

Gerakan ini bertujuan sebagai upaya untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan sumber daya alam yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. manfaat dari penanaman pohon diantaranya adalah untuk : menjaga kestabilan iklim, mencegah pemanasan global, mencegah terjadinya erosi tanah/longsor & banjir, melestarikan kesuburan tanah, menjaga struktur & unsur hara tanah agar tidak rusak, menjaga keanekaragaman organisme hidup flora & fauna, mencegah terjadinya pencemaran udara yang disebabkan oleh polutan dan karbon dioksida (CO2) juga sebagai sumber serapan air serta masih banyak lagi manfaat – manfaat lainnya dari penanaman pohon ini.

Adapun pohon yang ditanam oleh RSPG Cisarua Bogor adalah dipilih khusus agar bisa memberikan manfaat jangka panjang, karena mampu memproduksi oksigen dalam jumlah besar dan memproduksi beragam buah – buahan untuk dapat dinikmati hasilnya dikemudian hari.

Sebagaimana diketahui bahwa RSPG Cisarua Bogor terletak di kawasan pariwisata puncak daerah pegunungan Gede – Pangrango dan gunung Salak dengan ketinggian ±800 meter diatas permukaan laut (mdpl) yang berhawa relatif sejuk, bersih dan segar sehingga sangat baik untuk kesehatan paru.