Rabu, 10 Juli 2024 14:07 WIB

Sosialisasi Pemanfaatan Telementoring ECHO Bagi Puskesmas

Responsive image
ikj/ant - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
85

JAKARTA (09/07) – Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer menyelenggarakan Sosialisasi/Preworkshop Pilot Perluasan Telementoring Hipertensi, Diabetes Melitus dan Asma Bagi Puskesmas Melalui Pemanfaatan Extension for Community Healthcare Outcomes (ECHO), Selasa (9/7) secara daring. Kegiatan ini dihadiri oleh 345 partisipan dari lintas program dan lintas sektor antara lain dari Kementerian Dalam Negeri, Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota, Puskesmas di kota Pekanbaru, Kota Batam, Kota Jakarta Timur dan Kota Bandung sebagai SPOKE/yang diampu.

Hadir sebagai pembicara General Manager ECHO India, Mr. Tarun, Direktur Utama dan project leader dari 3 rumah sakit HUB/pengampu yakni RS Dr. M. Djamil Padang (kasus Hipertensi), RS Hasan Sadikin Bandung (kasus DM), dan RSUP Persahabatan Jakarta (kasus Asma) dan Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, dr. Andi Saguni, MA.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, dr. Azhar Jaya, SH, SKM, MARS. menyampaikan bahwa sosialisasi ini merupakan awal dari serangkaian kegiatan telementoring ECHO yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tenaga medis dan tenaga kesehatan di FKTP dalam pengelolaan hipertensi, diabetes melitus dan asma. Melalui telementoring ECHO, diharapkan terjadi penurunan angka rujukan non spesialistik dan peningkatan kompetensi FKTP dalam mengelola kasus rujuk balik.

“Saya mengharapkan kegiatan ini tidak hanya terhenti dalam tahapan piloting namun dapat dilanjutkan dan diperluas ke seluruh FKTP, untuk itu dibutuhkan dukungan lintas sektor terutama pemerintah daerah dalam perluasan kegiatan telementoring ini” ujar dr. Azhar menutup sambutannya.