Minggu, 03 Januari 2021 20:36 WIB

RSUP HAM Tambah Armada Ambulans untuk Layani Covid-19

Responsive image
171 kali
(humasrsupham/ade) - RSUP H. Adam Malik Medan

MEDAN – Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) menambah armada baru ambulans untuk meningkatkan pelayanan di rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan RI ini. Direktur Utama RSUP HAM dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) dengan didampingi jajaran direksi dan pejabat terkait lainnya langsung menerima dan meninjau dua ambulans baru tersebut di depan Gedung Administrasi RSUP HAM, Selasa (29/12/2020).

Menurut dr Zainal, penambahan kedua ambulans ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan selama ini. Selain itu, kedua ambulans baru ini juga akan digunakan untuk melayani pasien Covid-19, karena spesifikasinya memang ditujukan untuk pelayanan tersebut.

“Ambulans ini dalam rangka pelayanan, memenuhi kebutuhan yang selama ini, dan termasuk untuk pelayanan Covid-19. Jadi, mudah-mudahan kita bisa memenuhi kekurangan kebutuhan yang selama ini,” ucap dr Zainal menjelaskan.

Kedua ambulans baru ini merupakan mobil jenis Toyota HiACE Commuter tipe Deluxe Extra VIN 2020 yang sudah dilengkapi karoseri kendaraan ambulans. “Mudah-mudahan dengan ini, mobilnya lumayan lux, besar, masyarakat lebih nyaman,” harap dr Zainal.

Selain memiliki sejumlah peralatan kesehatan seperti sistem oksigen sentral dan stretcher (tandu), kedua ambulans ini juga dibekali perangkat air purifier (pembersih udara) yang dilengkapi sistem HEPA filter. Sistem tersebut menjadikan kedua ambulans ini bertekanan negatif, yang dapat mencegah paparan virus Covid-19.