Rabu, 26 Juni 2024 01:23 WIB

RSJPD Harapan Kita dan Tokushukai Siap Bangun Pusat Kardiovaskular Terbaik di Asia Pasifik

Responsive image
IKJ/RFS - RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta
83

Jakarta (25/06) – Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPD Harapan Kita) dan Tokushukai Medical Coorporationd menandatangani perjanjian formal hibah untuk pembangunan gedung Harapan Kita – Tokushukai di Jakarta. Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Utama RSJPD Harapan Kita, Dr. dr. Iwan Dakota, Sp.JP (K), MARS dan CEO Tokushukai Medical Group, Shinichi Higashiue disaksikan juga oleh Dirjen Pelayanan Kesehatan kementerian Kesehatan RI, dr. Azhar Jaya, SH, SKM, MARS.

Hibah yang akan diberikan oleh Tokushukai Medical Coorporation senilai 10 Milyar Yen (1 Triliun rupiah) berupa Gedung 22 lantai. Gedung Harapan Kita – Tokushukai direncanakan memiliki berbagai fasilitas canggih termasuk ruang operasi, laboratorium kardiovaskular, ruang perawatan intensif dan ruang rawat inap yang nyaman. Proyek ini diharapkan akan selesai dalam waktu dua tahun dan rencananya dapat langsung dioperasionalkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas pada tahun 2027.

Dalam sambutannya Dirjen Pelayanan Kesehatan mengapresiasi khusus kepada Tokushukai Medical Corporation atas komitmen mereka dalam mendukung transformasi layanan kesehatan di Indonesia. “Program pengampuan kardiovaskular nasional yang sedang berlangsung telah membawa dampak positif yang signifikan, dan dengan bantuan ini, kami yakin bahwa kita dapat mencapai lebih banyak lagi” ujar dr. Azhar Jaya.

Dirjen Yankes menegaskan bahwa kerjasama ini tidak hanya tentang infrastruktur fisik, tetapi juga mencakup pertukaran pengetahuan, teknologi, dan budaya kerja. Melalui transfer ilmu pengetahuan dan pelatihan bersama, dan diharapkan dapat meningkatkan kompetensi tenaga medis dan kesehatan di kedua negara, menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan berkelanjutan.

“Kami berkomitmen untuk menjaga hubungan ini sebagai contoh bagi kerjasama masa depan antara Indonesia dan Jepang dalam sektor kesehatan. Keberhasilan proyek ini akan menjadi benchmark yang penting, tidak hanya bagi Tokushukai Medical Corporation dan RSJPD Harapan Kita, tetapi juga bagi upaya kita bersama dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia” papar dr. Azhar.

Sementara itu, Direktur Utama RSJPD Harapan Kita menyatakan bahwa Kerjasama RSJPD Harapan Kita dan Tokushukai sudah dilakukan selama 20 tahun dengan mengirimkan dokter – dokter RSJPD untuk belajar ke Jepang maupun dokter – dokter Tokushukai Group untuk transfer knowledge atau training ke RSJPD Harapan Kita.

“Dengan hadirnya Gedung Harapan Kita – Tokushukai yang memiliki teknologi dan tenaga Kesehatan bertaraf internasional, diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan pelayanan Kesehatan masyarakat Indonesia, sehingga tidak perlu untuk berobat ke luar negeri. “Kedepan, Pusat Kardiovaskular ini juga optimis akan menjadi pusat kardiovaskular rujukan dari berbagai negara di Asia” tutup dr, Iwan Dakota.

Dalam kesempatan yang sama CEO Tokushukai Medical Group, Shinichi Higashiue juga menyampaikan antusiasmenya terhadap proyek ini. “Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita. Kami percaya bahwa proyek ini akan membawa manfaat besar bagi banyak orang dan kami berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan layanan Kesehatan di Indonesia.