Senin, 24 Juni 2024 16:17 WIB

Direktur PKP Advokasi Kab Gresik dan Jember guna siapkan Implementasi Redistribusi Kepesertaan JKN di FKTP

Responsive image
Anandini/rfs - Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer
27

Jawa Timur - Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer Kementerian Kesehatan bersama BPJS Kesehatan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Jember dan Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur dalam rangka koordinasi implementasi pemindahan/redistribusi kepesertaan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Dalam kunjungan tersebut, Direktur Pelayanan Kesehatan Primer dr. Obrin Parulian, M.Kes bersama Deputi Direksi Manajemen Mutu dan Kerja Sama Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan dr. Beno Herman MARS., AAK dan tim melakukan diskusi dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik beserta jajaran dalam upaya penguatan pelayanan kesehatan primer melalui implementasi pemindahan/redistribusi kepesertaan JKN di FKTP yang merupakan bagian dari transformasi sistem kesehatan dimana salah satu tujuannya adalah untuk peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Pada kunjungan kerja tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik telah memahami bahwa pemindahan/redistribusi kepesertaan JKN di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sebagai salah satu inovasi untuk mengatasi permasalahan di bidang kesehatan dan mendukung pencapaian target indikator kesehatan di Kabupaten Jember dan Gresik. Keberhasilan implementasi kebijakan ini memerlukan komitmen, dukungan, kerja sama dan kolaborasi yang baik dari seluruh stakeholder baik Kementerian Kesehatan, BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten/kota dan lintas sektor terkait.

Implementasi pemindahan/redistribusi kepesertaan JKN di FKTP diharapakan dapat meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan khususnya di Kabupaten Jember dan Gresik dan diharapkan dapat menjadi pembelajaran baik untuk direplikasi di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia.