Selasa, 04 Juni 2024 10:29 WIB

Kegiatan Forum Diskusi Publik Mengenai Pengembangan RSPON

Responsive image
Humas - RS Pusat Otak Nasional Prof. Dr.dr.Mahar Mardjono Jakarta
47

Jakarta (30/05) - Pada tanggal 30 Mei 2024 bertempat di Ruang Pertemuan Kelurahan Cawang Jakarta Timur, berlangsung kegiatan forum diskusi pubik mengenai rencana pengembangan RSPON Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta dalam penyusunan AMDAL. 

Dalam diskusi publik turut menghadirkan DLH DKI Jakarta, DLH Jakarta Timur, LH Kecamatan Kramat Jati, Lurah Cawang, Bagian Pembangunan Kelurahan Cawang, Bhabinkamtibmas Kelurahan Cawang, perwakilan masyarakat yang terkena dampak langsung di RT 01-12 RW 06 Kelurahan Cawang, perwakilan masyarakat yang terkena dampak langsung di RW 04 Kelurahan Cawang, Lurah Cipinang Cempedak, Kecamatan Jatinegara, Wakil masyarakat yang terkena dampak langsung di Kelurahan Cipinang Cempedak, Lurah Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara dan perwakilan masyarakat yang terkena dampak langsung di Kelurahan Bidara Cina. 

Salah satu kewajiban yang harus terpenuhi dalam rencana pengembangan RSPON Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta adalah penyusunan AMDAL. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengololaan Lingkungan Hidup Pasal 28 ayat (1) Penanggung Jawab Usaha dan/atau Kegiatan dalam menyusun Amdal melibatkan masyarakat yang terkena dampak langsung.

Pengertian AMDAL dikutip dari https://www.sucofindo.co.id/artikel-1/umum/konsultasi-6/pengertian-tujuan-jenis-dan-manfaat-amdal/ merupakan singkatan dari Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, yang mana tentu setiap komponen kehidupan wajib familiar dan tentu berkaitan dengan aspek satu ini.  Hampir setiap aspek kehidupan terkait dengan AMDAL, karena semua aspek lingkungan beserta dampaknya wajib diperhatikan dan penting.