Senin, 27 Mei 2024 12:00 WIB

Operasi Transplantasi Ginjal Ke - 2 Di RS Wahidin Sudirohusodo Makassar

Responsive image
Humas - RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar
35

Makassar (26/05) - RS Wahidin Sudirohusodo Makassar melaksanakan operasi transplantasi ginjal yang kedua pada Senin tanggal 20 Mei 2024 yang dilakukan pada pasien K (36 tahun) sebagai resipien dan pasien I (23 tahun) sebagai donor. 

Pasien resipien dan donor merupakan kakak beradik saudara kandung dari 5 (lima) bersaudara, dimana resipien merupakan pasien gagal ginjal yang telah menjalani cuci darah selama 1 (tahun) terakhir. Persiapan kepada pasien resipien dan donor telah dilakukan selama 2 (dua) bulan meliputi persiapan klinis dan psikologis pasien dengan tujuan mempersiapkan donor dan resipien dalam menjalani prosedur transplantasi sehingga risiko yang ditimbulkan sangat minimal. Sebelumnya, tim advokasi telah melakukan prosedur untuk pemenuhan aspek legalitasnya. 

Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, Sp.PD, K-GH, Sp.GK bertindak selaku Dokter Penanggung Jawab Pelayanan selama pasien menjalani perawatan di rumah sakit. Terkait kondisi pasien, Prof. Dr. dr. Haerani Rasjid menyampaikan bahwa pasien donor saat ini sudah keluar dari ruang perawatan ICU dengan kondisi stabil, sedangkan pasien resipien masih mendapatkan perawatan intensif di ICU. Kondisi keduanya relatif stabil namun masih terus dipantau untuk beberapa parameter laboratorium. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa semoga dalam masa pemantauan, pasien mengalami perbaikan kondisi sehingga pasien bisa dinyatakan berhasil dalam pelaksanaan transplantasi ginjal ke – 2 di RS Wahidin Sudirohusodo ini. 

Direktur Utama RS Wahidin Sudirohusodo Makassar, Prof. Dr. dr. Syafri Kamsul Arif, Sp.An, KIC, KAKV menyampaikan rasa syukur atas pelaksanaan operasi transplantasi ginjal yang kali kedua ini dan berharap dengan berjalannya layanan transplantasi ginjal ini maka dapat dikembangkan untuk transplantasi organ berikutnya sebagai wujud RS Wahidin Sudirohusodo Makassar dalam komitmen meningkatkan inovasi untuk pelayanan pasien yang paripurna. 

Operasi transplantasi ginjal ini berdurasi selama kurang lebih 5 (lima) jam dan dilakukan dengan pendampingan oleh tim transplantasi ginjal RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta.