Kamis, 23 Mei 2024 08:32 WIB

Tim dari RS Marzoeki Mahdi Kunjungi Rumah Keluarga ODGJ

Responsive image
Instalasi PKRS - RS Jiwa dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor
31

Bogor (20/05) - Bersama Puskesmas Pancasan dan peserta program pendidikan dokter spesialis (PPDS) Universitas Padjadjaran, tim assertive community treatment (ACT) Pusat Kesehatan
Jiwa Nasional RS Marzoeki Mahdi (PKJN RSMM) melakukan kunjungan rumah (home visite) ke rumah keluarga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang di Pasir Jaya, Kota Bogor, Senin (20/5/2024). 

Promotor kesehatan RS Marzoeki Mahdi, Iyep Yudiana, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program rutin yang dilakukan oleh RS Marzoeki Mahdi. 

“Ini rutin dilakukan untuk melihat langsung kondisi pasien secara real dan melihat permasalahan lain yang ada di lingkungan keluarga, serta potensi lingkungan untuk mendukung penyembuhan pasien di rumah,” ucapnya. 

Setelah berbincang dengan keluarga, diketahui bahwa ODGJ berinisial E yang dikunjungi sudah pernah dirawat di RS Marzoeki Mahdi sampai pulih, bahkan sudah mendapat pelatihan kerja produktif beberapa tahun yang lalu. 

Pada kegiatan tersebut, hadir pula psikilog RS Marzoeki Mahdi, Anisa Rahmawati, yang berpesan kepada orang tua E agar tidak memberikan tambahan obat melebihi dosis yang sudah ditentukan dokter. "Tidak boleh menambahkan obat di luar ketentuan, biar dokternya saja yang memutuskan
obatnya apakah harus ditambah atau diganti", ujar Anisa.

Kepala Puskesmas Pancasan, Dessy Yuliarti, mengucapkan terima kasih kepada tim ACT PKJN RSMM, yang telah membantu menangani ODGJ di wilayah Puskesmas Pancasan. 

“RSMM sudah lama bersinergi dengan Puskesmas Pancasan dalam menangani ODGJ, dan itu harus dipertahankan dengan baik", katanya.

Petugas dari Puskesmas Pancasan, ketua RT, dan kader kesehatan yang turut hadir pada kunjungan siap menindaklanjuti hasil kunjungan, dengan membawa pasien E untuk dirawat kembali.