Senin, 20 Mei 2024 09:58 WIB

Workshop Tata Usaha & Rumah Tangga Dalam Rangka Koordinasi Para Sekretaris Pimpinan Di Lingkungan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan

Responsive image
Ani - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
50

Bogor (16/5) - Kepala Bagian Adiministrasi Umum Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Ibu Ni Nengah Yustina Tutuanita, SKM, M.K.M membuka Workshop Tata Usaha & Rumah Tangga Dalam Rangka Koordinasi Para Sekretaris  Pimpinan di lingkungan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. Yang dilaksanakan selama 3 (tiga) di Bogor Jawa Barat dari tanggal 16 Mei sd 18 Mei 2024.

Diketahui bahwa Kementerian Kesehatan telah berkomitmen untuk melakukan transformasi sistem kesehatan Indonesia, melalui 6 (enam) pilar transformasi, yang terdiri atas Transformasi Layanan Primer, Transformasi Layanan Rujukan, Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, Transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, Transformasi SDM Kesehatan, dan Transformasi Teknologi Kesehatan. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan Sumber Daya yang sangat memadai dan dikelola dengan baik sehingga dapat menghasilkan kinerja yang efektif dan efisien.

Salah satu Sumber Daya yang dimiliki Kementerian Kesehatan khususnya Direktorat Pelayanan Kesehatan adalah Sumber Daya Manusia salah satu nya adalah Pegawai yang ditugaskan sebagai Sekretaris Pimpinan. Sebagaimana kita ketahui Sekretaris Pimpinan erat kaitannya dengan pelayanan pimpinan yang didalamnya termasuk ketatausahaan, persuratan dan keprotokalan.

Dalam sambutannya Kepala Administrasi Umum Sekretariat Ditjen Pelayanan Kesehatan mengingatkan bahwa sebagai Sekretaris pimpinan tidak terlepas dari pelayanan pimpinan yang tidak hanya dituntut mampu menangani tugas-tugas rutin yang berkaitan dengan kedinasan pimpinan seperti surat menyurat, jadwal kegiatan, mengorganisasi rapat dan menyediakan kebutuhan pimpinan, tetapi harus berpenampilan bersih, rapi, dan menarik, percaya diri, mampu berkomunikasi dengan baik, menguasai permasalahan terkait dengan substansi acara, mengerti pentingnya dekorasi, pelayanan dan keamanan, serta yang paling penting yakni memahami karakteristik pimpinan.

Oleh karena itu Sekretaris pimpinan khususnya di lingkungan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan memerlukan tambahan pengetahuan dan skill guna meningkatkan kinerjanya sehingga perlu dilaksanakan kegiatan workshop bagi para Sekretaris Pimpinan baik di Kantor Pusat maupun di UPT di lingkungan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. Pada workshop kali ini menampilkan narasumber yang kompeten di bidangnya agar para Sekretaris lebih kompeten pada tugasnya serta bertujuan untuk mempertajam, memperkaya wawasan para Sekretaris Pimpinan dalam hal Peran Penting Sekretaris dalam Pelayanan Pimpinan, Memahami Karakter Diri Sendiri dan Pimpinan, Mengetahui cara berkomunikasi dengan pimpinan sesuai karakter dan Komunikasi Digital yang tepat. (Ani)