Senin, 20 Mei 2024 08:18 WIB

Pemeriksaan dan Evakuasi Massal ODGJ di Tangerang Selatan

Responsive image
Instalasi PKRS - RS Jiwa dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor
13

Tangsel (15/05) - Bekerja sama dengan Kota Tangerang Selatan, RS Marzoeki Mahdi melakukan pemeriksaan dan evakuasi masal kepada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berat. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten, Rabu (15/5/2024). 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan, Eliwedi Erni, mengatakan bahwa kegiatan ini membantu menangani penanganan masalah kesehatan jiwa di daerahnya. 

"Terima kasih kepada tim kesehatan RS Marzoeki Mahdi Bogor, yang telah membantu penanganan ODGJ di Kota Tangerang Selatan", ujarnya saat membuka kegiatan ini secara langsung.

Sementara itu, Iyep Yudiana sebagai penyuluh kesehatan RS Marzoeki Mahdi menyampaikan edukasi kepada pasien dan keluarga bahwa perawatan ini bukanlah akhir dari proses pemulihan pasien.

"Perawatan ODGJ di RS Marzoeki Mahdi Bogor bukanlah akhir dari pengobatan pasien, tetapi merupakan awal dari proses pemulihan pasien secara terus menerus melalui minum obat dan kontrol secara rutin", ucapnya. 

Tim dokter RS Marzoeki Mahdi yang terdiri dari Widayanti Dewi Wulandari sebagai psikiater dan Joan Sandra sebagai dokter umum, dan tim perawat lainnya berhasil memeriksa 26 ODGJ yang hadir di lokasi kegiatan dan menetapkan sebanyak 21 ODGJ perlu dievakuasi guna mendapatkan perawatan, pengobatan, dan rehabilitasi di RS Marzoeki Mahdi.

"Ada beberapa pasien yang tidak harus dirawat karena kondisinya cukup baik dan sudah rutin berobat ke puskesmas dan ada juga keluarga pasien yang menolak dirawat walaupun sudah diberi penjelasan", ujar psikiater yang akrab disapa Wulan. 

Serah terima 21 ODGJ pun dilakukan antara Dinkes & Dinsos Kota Tangsel kepada RS Marzoeki Mahdi dan satu persatu ODGJ pun diabsen untuk masuk ke dalam bis yang sudah disiapkan oleh pihak RS Marzoeki Mahdi, seraya diiringi dengan bacaan basmalah bersama-sama dari semua peserta yang mengiringinya menuju Kota Bogor.