Kamis, 02 Mei 2024 09:16 WIB

Pelatihan Site Koordinator CRU, Optimalkan Penelitian Klinik dan Inovasi RS

Responsive image
dni/iwj - Humas - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
119

JAKARTA (30/04) - Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Tata Kelola Pelayanan Kesehatan bekerjasama dengan Indonesian Association for The Study of Medicinals (IASMED) dan Prodia the CRO menyelenggarakan Pelatihan Site Koordinator Clinical Research Unit (CRU).

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah penelitian dan inovasi pada rumah sakit di Indonesia serta mendorong menghasilkan penelitian-penelitian yang berkualitas yang dapat dipublikasikan dalam jurnal-jurnal bereputasi nasional dan internasional serta mewujudkan ekosistem pengembangan teknologi kesehatan dalam upaya mewujudkan ketahanan kesehatan. 

Site Koordinator CRU sangat berperan dalam Persiapan, Pelaksanaan dan Penutupan Uji Klinik sehingga unit pelaksana teknis Kementerian untuk memiliki kultur dan spirit Clinics Research. 

Melalui pelatihan yang diikuti 75 peserta dari 37 RS Vertikal ini, diharapkan seluruh peserta mendapatkan pengetahuan, wawasan dan pemahaman terkait etik penelitian kesehatan dan cara uji klinik yang baik dari narasumber, sehingga dapat menerapkannya di dalam melaksanakan tugas.

“Saya harapkan melalui pelatihan ini akan menghasilkan Site Koordinator CRU yang menjadi motor penggerak (agent of change) yang berkualitas dan inovatif untuk peningkatan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit, Khususnya RS Vertikal Kementerian Kesehatan,”pungkas Direktur TKPK.