Senin, 21 Desember 2020 14:48 WIB

Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi Massal di Kabupaten Sukabumi

Responsive image
PKRS - Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Bandung
754

SUKABUMI - Sebanyak 30 ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) Berat dari 16 Kecamatan dan 16 Puskesmas Se-Kabupaten Sukabumi, dilakukan pemeriksaan masal dalam kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi Masal ODGJ Berat Kab.Sukabumi, dengan menggunakan 1 unit ambulan LKS aura Welas Asih, 1 unit bus dan 3 unit kendaraan operasional RSJMM, dari Aula Gedung Pusbangdai Asrama Haji, Desa Sukamulya Kec.Cikembar Kab.Sukabumi, ke RSJMM Bogor, yang dikawal ketat oleh Rider IEA (Indonesia Escorting Ambulance) Sukabumi (16/12).

Para undangan dan peserta yang berasal dari perwakilan Pemda, Dinkes, Dinsos, Disdukcapil, Polres, Kodim, Satpol PP, BRSPDM Phalamarta, Kecamatan, Desa, Puskesmas, LKS Aura Welas Asih, Keluarga, ODGJ, RSJMM, dll ikut hadir mendukung gelaran acara dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat yaitu para undangan dan peserta diharuskan memakai masker, diukur suhu badan, mencuci tangan dan menjaga jarak duduk dikursi yg telah disediakan oleh panitia yang dikoordinir oleh Hj. Reni Nuraeni, S.Kep Ners. M.Si, sebagai Programer Kesehatan Jiwa di Dinkes Kab.Sukabumi. Sedangkan 15 anggota Tim Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat RSJMM, yang terdiri dari psikiater, perawat jiwa, promotor kesehatan, pekerja sosial, administrasi medik, dll, melakukan pemeriksaan terhadap keluarga dan ODGJ yang datang dengan menggunakan protokol kesehatan dan alat pelindung diri (APD), adapun ODGJ Berat yang gelisah, langsung diberikan tindakan darurat berupa injeksi obat penenang.
 

H. Tatang Koswara, SKM. M.Kes, sebagai Kasi PTM dan Keswa Dinkes Kab.Sukabumi yang juga sebagai Ketua penyelenggara, melaporkan jalannya kegiatan, yang merupakan kerjasama antara Pemda Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Kesehatan bersama RSJMM. Kegiatanpun dibuka secara resmi oleh Asep Johan, SKM, sebagai Kabag Pembinaan Mental dan Spiritual Pemda Kab.Sukabumi, sementara Bimantoro, SKM. MM. sebagai Sekdis Dinkes Sukabumi, mengucapkan terimakasih kepada RSJMM yang telah ikut membantu penanganan ODGJ berat dan Pasung Kab.Sukabumi.


Drs. Cup Santo, M.Si, sebagai Kepala BRSPDM Phalamarta Kemensos dalam kegiatan ini memberikan bantuan langsung berupa uang tunai untuk 40 keluarga yang hadir mengikuti kegiatan. Sedangkan Iyep Yudiana, SKM. MKM, sebagai Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat RSJMM, mengucapkan terimakasih atas kerjasama Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi ODGJ menuju Kab.Sukabumi Bebas ODGJ Berat dan Pasung Tahun 2020.

Stop Pasung.
Sehat Jiwa.
Pulih, Produktif dan Mandiri.