Rabu, 17 April 2024 11:05 WIB

Pemantauan Pos Kesehatan Arus Balik Hari Raya Idul Fitri 1445H

Responsive image
bbo - Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer
47

Jakarta (16/04) - Direktur Pelayanan Keshatan Primer, dr. Obrin Parulian, M.Kes memimpin langsung Tim Pemantauan Pos Kesehatan dalam rangka Arus Balik Hari Raya Idul Fitri 1445H / 2024M yang dimulai tanggal 14-16 April 2024. Tim pemantauan pos Kesehatan arus balik lebaran 2024 kali ini terbagi menjadi 2 rute yaitu Palembang-Jakarta dan Surabaya-Jakarta. Dalam kesempatan ini dr. Obrin Parulian, M.Kes terjun langsung meninjau kesiapan pos-pos kesehatan dan  Fasilitas pendukungnya di sepanjang rute dari Palembang, Lampung, Banten hingga Jakarta. Didampingi juga oleh dr. Gita Swisari, MKM, Ketua Tim Kerja Pelayanan Kesehatan Primer Lain dan Jaminan Kesehatan dit PKP dan tim.

Setibanya di Palembang, tim langsung meninjau pos kesehatan dan posko terpadu di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (PLM). Pos Kesehatan BKK Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menyiagakan 4 dokter, 3 perawat, 3 epidemiolog, 1 entomolog,  2  Pranata lab Kes 5 driver untuk berjaga setiap hari. BKK Kelas I Palembang telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan dan Rumah Sakit Rujukan terdekat ke RS Myria Palembang bila terdapat hal-hal yang tidak diinginkan.

Dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Selanjutnya tim bergerak ke arah timur menuju Pos Terpadu Nilakandi Kota Palembang. Pos Terpadu Nilakandi menyediakan Pelayanan Kesehatan Dasar, Pelayanan Kesehatan Tradisional, Pelayanan Kegawatdaruratan, Pelayanan Kesehatan Pengemudi. Selanjutnya tim bergerak menuju Poskes Exit Tol Keramasan dan Pos Pelayanan Terpadu Rest Area KM 306B yang merupakan pos terakhir yang dipantau di Provinsi Sumatera Selatan. 

Di Provinsi Lampung, Pemantauan dimulai dari Pos Kesehatan di Rest Area KM 215B. Tenaga Kesehatan yang bertugas di Pos Kesehatan di Rest Area KM 215B berasal dari 4 Puskesmas yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat yaitu Puskesmas Mercubuana, Sukajaya, Totomulyo, dan Dwikora. Selanjutnya tim bergerak menuju dari Pos Kesehatan di Rest Area KM 116B. Rata-rata pasien perhari yang berkunjung di Pos Kesehatan Rest Area KM 116B berjumlah 5 orang. 
Pemantauan Arus Balik Lebaran 2024 hari kedua dimulai dari Pos Kesehatan Pelabuhan Panjang. Jumlah Tenaga Kesehatan yang bertugas di Pos Kesehatan di Pelabuhan ini berjumlah 10 Perawat, 3 dokter umum, 10 epidemiolog, 4 driver. Tim kembali bergerak menuju Pos Kesehatan Rest Area KM 49B, 20 B dan Posko Kesehatan di Pelabuhan Bakauheni yang merupakan pos terakhir yang dipantau di Provinsi Lampung. Terdapat tiga Posko Kesehatan yang ada di Pelabuhan Bakauheni yang dikelola oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, BKK Kelas I Panjang, dan Ikatan Dokter Indonesia.

Di Provinsi Banten, Pemantauan dimulai dari Posko Kesehatan di Pelabuhan Merak. Ada tiga Pos Kesehatan yang ada di Pelabuhan Merak yang dikelola oleh Dinkes Provinsi Banten di Dermaga 5 Pelabuhan Merak, Balai Karantina Kesehatan Kelas I Banten, dan Dinas Kesehatan Kota Cilegon. Selanjutnya tim Bergerak menuju PSC 119 Kota Cilegon, Pos Kesehatan Simpang 4 JLS PCI, dan Pos KesehatanRest Area KM 45 Kab Tangerang yang merupakan pos terakhir yang dipantau.