Selasa, 16 April 2024 09:06 WIB

Transformasi Internal, RSHS Launching Budaya Kerja Baru

Responsive image
RFU - RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung
51

Bandung (04/04) - RSHS menggelar Launching Budaya Kerja Baru RSHS,  di Gedung Pamitran Unpad.  Melalui acara ini RSHS mendeklarasikan diri untuk menjadi organisasi yang lebih baik.  Hal ini juga merupakan amanah dari kemenkes, dimana Kemenkes telah melakukan launching perubahan budaya kerja sebelumnya. 

Perubahan budaya kerja baru di RSHS ditandai dengan penerbitan Buku Pedoman Perubahan Gerakan Budaya Kerja RSUP Dr Hasan Sadikin Bandung. Direktur Utama RSHS, Dr. dr. Jimmy Panelewen Sp.B-KBD dalam sambutannya mengungkapkan bahwa untuk akselerasi transformasi internal di RSHS antara lain dilakukan dengan perwujudan nilai Someah Hade Kasemah yang artinya ramah dan bersikap baik  kepada seluruh pelanggan. Selain itu juga dilakukan pelayanan pasien eksekutif oleh pendamping pasien dan peningkatan pengelolaan rumah sakit  berbasis IT serta digitalisasi  untuk efektivitas pelayanan, pendidikan  dan penelitian. Hal yang tak kalah penting yaitu  pimpinan harus ikut hadir secara langsung dalam memberikan pengawasan serta dukungan kepada seluruh pemberi pelayanan, progress pendapatan, sarana prasarana serta proses pendidikan dan penelitian (Leadership involvement in all  service area ). 

Dokter Jimmy menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen RSHS untuk berperan aktif dalam pembangunan masyarakat. RSHS  akan terus bekerja sama dengan pemerintah dan mitra-mitra strategis lainnya untuk menciptakan dampak yang nyata bagi  masyarakat Jawa Barat. 

Acara Launching Budaya Kerja Baru RSHS ini dihadiri Wakil Menteri Kesehatan RI, Para Pejabat Eselon I dan II, Para Bupati dan Walikota se-Jawa Barat, Direktur-direktur RS Vertikal dan Direktur RSUD Se-Jawa Barat, kalangan internal RSHS dll.  Selain Launching Budaya Kerja Baru , pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan MOU antara RSHS bersama rumah sakit-sakit pengampu nasional pengampu regional, pemda provinsi Jawa Barat beserta Bupati/Walikota se-Jawa Barat. 

Sementara itu,  Wakil Menteri Kesehatan RI, Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, Ph.D mengungkapkan bahwa pilar-pilar transformasi yang saat ini digalakkan adalah dalam kerangka pekerjaan kita sebagai rambu-rambu yang akan kita prioritaskan. ‘’Dengan transformasi internal ini kita ingin membangun budaya kerja yang lebih baik di semua rumah sakit di Indonesia  sehingga semua rumah sakit di Indonesia mempunyai kualitas layanan yang sama dari Sabang sampai Merauke yang salah satunya di Jawa Barat ini yang dimotori oleh RSUP Dr. Hasan Sadikin” Ungkapnya.