Selasa, 09 April 2024 05:28 WIB

Pemantauan Jalur Mudik Lebaran 2024 Pantai Barat Sumatera, Lampung-Bengkulu-Palembang

Responsive image
ant/rfs - Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer
119

Lampung (04/04) – Dalam rangka memantau kesiapsiagaan jajaran kesehatan dan fasilitas kesehatan dalam menghadapi masa libur lebaran tahun 2024. Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer melakukan pemantauan kepada fasilitas kesehatan di jalur-jalur mudik lebaran 2024. Salah satu jalur yang menjadi lokasi pemantauan adalah jalur lintas barat pulau sumatara, yang membentang dari lampung hingga aceh. Tim dari Direktorat PKP memulai perjalanan dari Provinsi Lampung kemudian menuju bengkulu dan berakhir di Sumatera Barat.

Terdapat 14 Pos Kesehatan dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang menjadi lokasi pemantauan di sepanjang rute perjalanan, daftar pos kesehatan dan fasyankes yang dikunjungi adalah sebagai berikut:

  1. Puskesmas Wates Pringsewu
  2. Pospam Gabungan Gadingrejo Pringsewu
  3. RSUD Pringsewu
  4. Posko Kota Agung Kab. Tanggamus
  5. Puskesmas Kota Agung Kab. Tanggamus
  6. RSUD dr. M. Yunus Bengkulu
  7. Puskesmas Jalan Gedang Kota Bengkulu
  8. Posyan Sport Center Pantai Panjang Kota Bengkulu
  9. Posyan Pantai Zakat Kota Bengkulu
  10. Pospam Pasar Pedati Kab. Bengkulu Tengah
  11. Pos Pam Pantai Carocok Kab. Pesisir Selatan
  12. Pos Pam Mandeh Tarusan Kab. Pesisir Selatan
  13. RSUP DR. M. Djamil Kota Padang
  14. Pos Pam Danau Cimpago Kota Padang

Pos kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan tersebut tersebar di Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Tanggamus, Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Pesisisr Selatan, dan Kota Padang. Tim Pemantauan Fasilitas Kesehatan memulai kegaiatan pemantauan sejak tanggal 4 April 2024, yang dimulai dari Provinsi Lampung, dan mengakhiri kegiatan pada tanggal 6 April 2024 di Provinsi Sumatera Barat. Jalur Pantai Barat Sumatera meruapakan salah satu rute pemudik dari pulau jawa yang akan menuju Bengkulu, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara, Hingga Aceh.