Minggu, 07 April 2024 13:18 WIB

Pemantauan Kesiapan Faskes Jalur Selatan Jawa Tengah dan DI Yogyakarta

Responsive image
rfs - Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer
83

Cilacap (06/04) -- Tim Pemantauan Fasilitas Kesehatan Pimpinan dr. Obrin Parulian, M.Kes melanjutkan kegiatan pemantauan kesiapan faskes dalam menghadapi masa mudik lebaran di sepanjang jalur pantai selatan jawa tengah hingga yogyakarta dan akan berakhir di semarang. Selepas singgah dan bermalan di pangandaran Direktur PKP beserta tim Direktorat PKP dan Pusat Krisis Kesehatan kemudian melanjutkan perjalanan menuju titik lokasi pemantauan yang tersebar di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Titik pertama lokasi pemantauan Fasilitas Kesehatan pada hari kedua kegiatan ini adalah Pos Kesehatan di Terminal Tipe A Bangga Mbangun Desa Kabupaten Cilacap. Setibanya dilokasi, Direktur PKP disambut langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Cilacap. Pada titik ini dicek berbagai kesiapan jajaran kesehatan dalam menghadapi masa mudik lebaran 2024. Kabupaten Cilacap menjadi salah satu kota tujuan pemudik, sehingga memiliki potensi keramaian yang cukup tinggi pada masa libur lebaran tahun ini.

Bergerak dari Kab Cilacap, Tim yang dipimpin dr. Obrin Parulian, M.Kes melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Kebumen, dan singgah di Rest Area Sate Ayam Ambal Pak. H. Tino yang terletak di jalur lintas selatan. Pada titik ini tidak hanya jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen yang mendirikan Pos terpadu, namun Basanas turut pula mendirikan pos terpadu pada lokasi ini. Jalur Lintas Selatan Kabupaten Kebumen mendapat perhatian pada musim libur mudik lebaran 2024, dimana kawasan ini memiliki banyak pantai yang menjadi tujuan wisata serta kontur jalan yang cenderung lurus memiliki resiko terjadinya kejadian kecelakaan lalulintas yang cukup tinggi.

Dari Kabupaten Kebumen, Direktur PKP berserta tim kembali melanjutkan pemantauan ke Provinsi Daerah Istimew Yogyakarta. Di Provinsi DIY pantauan dilaksanakan di Stasiun Tugu Yogyakarta dan Pos Terpadu Teteg di Kawasan Malioboro. Stasiun Tugu Yogyakarta dan Kawasan Malioboro menjadi lokasi tujuan favorit para pemudik dan wisatawan sehingga pos kesehatan pada kedua lokasi ini menjadi salah satu perhatian dari Tim Pemantauan Kesiapan Fasilitas Kesehatan masa mudik lebaran 2024.

Beranjak dari Yogyakarta, dr. Obrin Parulian, M.Kes bersama tim bergerak kembali menuju Kabupaten Klaten dan singgah di Pos Kesehatan Terpadu di Kawasan Wisata Candi Prambanan. Kawasan Wisata Candi Prambanan diperkirakan akan dipadati pengunjung pada musim libur lebaran 2024 kali ini, sehingga diperlukan kesiapsiagaan jajaran kesehatan untuk menghadapinya. Dari kawasan Candi Prambanan perjalanan berlanjut menuju Rumah Sakit Umum Pusat dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten, dilokasi ini Direktur PKP melihat dan memantau langsung seluruh kesiapan RS dalam menghadapi situasi-situasi khusus seperti Libur Lebaran 2024.

Selepas dari Kabupetan Klaten, perjalanan Tim berlanjut menuju Pos kesehatan Terminal Kartasura di Kabupaten Sukoharjo. Dari Kabupaten Sukoharjo perjalanan pemantauan dilanjutkan menuju Kota Semarang. Di Kota Semarang Tim berkunjung ke Kesehatan Simpang Lima Kota Semarang yang menjadi salah satu simpul keramaian di Kota Semarang. Setelah dari Simpang Lima, tim bergerak menuju tujuan akhir ke Pos Kesehatan Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Udara Internasional Ahmad Yani.