Kamis, 04 April 2024 05:02 WIB

Pemantauan Kesiapan Faskes di Stasiun Gambir dan Pasar Senen mengahadapi Masa Mudik Lebaran 2024

Responsive image
roy/rfs - Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer
89

Jakarta (03/04) – Direktur Pelayanan Kesehatan Primer dr. Obrin Parulian, M.Kes meninjau secara langsung kesiapan fasilitas kesehatan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen Jakarta. Peninjauan dilakukan dalam rangka melihat kesiapan sarana prasarana kesehatan dalam menghadapi masa libur dan mudik lebaran 2024 / 1445 H. Dalam kunjungannya, Direktur Pelayanan Kesehatan Primer di dampingi oleh dr. Gita Swisari, MKM, Ketua Tim Kerja Pelayanan Kesehatan Primer Lain dan Jaminan Kesehatan Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan  pos kesehatan dapat memberi pelayanan maksimal selama mudik.

Kunjungan diawali ke Stasiun Gambir Jakarta, tim Ditjen Yankes diterima langsung oleh Manajer Kesehatan Daerah Operasi I PT.KAI dan Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, dr. Obrin Parulian, M.Kes melakukan pengecekan kesiapan pos kesehatan serta obat-obatan dan alat kesehatan yang tersedia.

Selanjutnya kunjungan dilakukan ke Stasiun Pasar Senen Jakarta. Di stasiun pasar senen jakarta, Direktur Pelayanan Kesehatan Primer mengecek kesiapan pos kesehatan milik PT KAI yang tersedia. Pada kesempatan tersebut turut pula dilakukan pengecekan kesehatan kepada petugas keamanan yang akan melakukan pengawal terhadap perjalanan Kereta Api. Dalam kunjungan tersebut baik di stasiun gambir maupun pasar senen telah nampak peningkatan kepadatan pemudik yang akan berangkat ke kampung halaman.

Pada masa mudik lebaran Tahun ini diperkiraan Potensi pergerakan nasional pada arus mudik adalah 193,6 Juta Orang, dimana terjadi peningkatan 50 % jika dibandingkan tahun 2023. Dalam menghadapi hal tersebut Kementerian kesehatan telah melalukan antisipasi dengan melaksanakan Koordinasi kesiapsiagaan menghadapi arus mudik dan balik lebaran harus dilakukan dari tingkat pusat hingga daerah dan meliputi semua sektor, antara lain : Ketersediaan Pos kesehatan di pintu exit tol, pos kesehatan di jalur tol dan non tol, tempat wisata, Ketersediaan ambulance roda 4 dan 2 di jalan tol (rest area) di fasilitas pelayanan kesehatan dan PSC 119, Persiapan Puskesmas, RS dan KKP, dan meningkatkan kegiatan Promosi Kesehatan dengan terus mensosialisasikan gerakan 3M, sehingga pemerintah berharap pada masa mudik kali ini menjadi Mudik yang Ceria dan Penuh Makna bagi seluruh rakyat Indonesia.