Kamis, 07 Maret 2024 18:06 WIB

RSO Soeharso Menyelenggarakan TOC

Responsive image
Humas - RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta
119

Sukoharjo (04/03)  – RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta melalui Tim Kerja Pendidikan dan Pelatihan menyelenggarakan pelatihan Triage Officer Course (TOC) untuk mempersiapkan petugas kesehatan mampu melakukan proses skrining dan tatalaksana berdasarkan prioritas kegawatan pasien. Pelatihan ini berlangsung pada hari Senin - Selasa tanggal 04 - 05 Maret 2024, pukul 08.00 WIB - 16.30 WIB bertempat di Ruang Auditorium Lantai 3 Gedung Perkantoran.

“Pertolongan di Instalasi Gawat Darurat sangat penting dalam membantu pasien pada keadaan gawat darurat. Keadaan gawat darurat bisa terjadi kapan saja, siapa saja, dan dimana saja.
Ketelitian dan ketepatan pemilihan penderitaan yang masuk ke ruang triage IGD dan ruang pelayanan poliklinik akan sangat membantu guna pertolongan lebih lanjut di Rumah Sakit”, ungkap drg. Moh. Nur Nasiruddin, M.Kes. dalam sambutannya.

Bertindak sebagai narasumber pada kegiatan ini antara lain, Ns. Ramelan, S.Kep.; Dr. Ali Haedar, Sp.EM,KPEC,FAHA.; Ns.Purwoko; Sugeng H.,S.Kep,M.Kep,; dr. A.Rousdy Noor, MMRS dan Singgih W. Pelatihan ini diikuti oleh 42 peserta terdiri dari 13 dari Rumah Sakit luar yaitu dari Balikpapan, Kalimantan Selatan, RS sekitar solo raya dan 29 peserta dari perawat RSO Soeharso yang difokuskan pada petugas kesehatan (dokter, perawat, bidan) yang mengelola atau bekerja dalam pelayanan gawat darurat khususnya IGD. 

Dengan terselenggaranya pelatihan ini diharapkan peserta dapat melakukan TRIAGE pasien dalam kondisi pelayanan pasien sehari hari maupun dalam kondisi bencana. Peserta juga dapat melakukan tindakan darurat awal pada pasien yang datang ke IGD maupun kejadian diluar RS/ pra hospital. Secara umum pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan potensi sumber daya tenaga kesehatan yang berperan aktif dalam pelayanan kegawatdaruratan.