Jumat, 01 Maret 2024 16:12 WIB

Tatalaksana Keperawatan pada Pasien dengan Peningkatan Tekanan Intrakranial Di Lingkungan RSPON

Responsive image
Teguh Andenoworeh - RS Pusat Otak Nasional Prof. Dr.dr.Mahar Mardjono Jakarta
212

Jakarta (26/02) - RSPON Prof.Dr.dr Mahar Mardjono Jakarta mengadakan edukasi “Tatalaksana Keperawatan pada Pasien dengan Peningkatan Tekanan Intrakranial (PTIK)” internal bagi para perawat di lingkungan RSPON. Edukasi yang dilaksanakan secara hybrid yakni melalui live youtube, Instagram dan tatap muka yang bertempat di Aula Lt.13 Gd B, hadir sebagai narasumber R. Isnawan Risqi R, M.Kep.,Sp.KMB yang dimoderatori oleh Amalia Agustin, S.Kep., Ners.

Pada pemaparannyanya R. Isnawan Risqi R, M.Kep.,Sp.KMB atau yang lebih akrab disapa Ners Risqi menjelaskan Tekanan intrakranial adalah tekanan di dalam rongga kepala (kranial) yang muncul sebagai akibat adanya interaksi dari komponen di dalam rongga kepala yaitu  otak, darah, dan cairan serebrospinal. Pada pasien-pasien gangguan sistem saraf pusat seperti kasus stroke, trauma kepala, infeksi maupun tumor, peningkatan tekanan intrakranial dapat terjadi sebagai respon patologis akibat adanya perubahan dari ketiga komponen isi kepala.

Peningkatan tekanan intrakranial yang tidak dapat dikompensasi oleh tubuh, dapat menyebabkan kondisi yang fatal, penurunan kesadaran hingga kematian. Peningkatan tekanan intrakranial juga dapat menyebabkan penurunan perfusi otak yang dapat memberikan dampak luaran (outcome) pasien menjadi buruk.

Perubahan hemodinamik serebral dapat terjadi sewaktu waktu sehingga dibutuhkan monitoring dan tatalaksana. Kemampuan perawat dalam melakukan monitoring dan mengintepretasikan hasil pemeriksaannya menjadi kunci utama dalam upaya deteksi dini dan pencegahan peningkatan tekanan intrakranial lebih lanjut. Pengetahuan tentang konsep-konsep fisiologis-patofisiologis dan parameter-parameter klinis sangat dibutuhkan bagi perawat sehingga Perawat dapat mengenali dan melakukan tatalaksana sesuai dengan kondisi klinis pasien, mencegah perburukan dan menurunkan risiko kematian akibat peningkatan tekanan intrakranial.

 

Ikut informasi terbaru mengenai layanan kami di :

https://www.instagram.com/rumahsakitotak/