Selasa, 30 Januari 2024 16:24 WIB

Rangkaian Acara Hari Gizi Nasional RSAB Harapan Kita

Responsive image
Humas - RS Anak dan Bunda Harapan Kita Jakarta
144

Jakarta (25/01) - Dalam rangka Hari Gizi Nasional (HGN) ke-64 yang jatuh setiap tanggal 25 Januari. Pusat Kesehatan Ibu dan Anak Nasional RSAB Harapan Kita menyelenggarakan berbagai macam acara. Rangkaian acara ini merupakan inisiasi dari Instalasi Gizi RSAB Harapan Kita.

Menurut Menteri Kesehatan Republik Indonesia Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU. Indonesia akan mencapai usia emas pada 2045, karena pada tahun 2030 Indonesia akan berada pada fase “bonus demografi”. Bonus Demografi adalah masa dimana penduduk usia produktif akan lebih besar dibanding non-produktif.

Untuk menuju ke arah itu, Budi menyebut perlu generasi penerus bangsa yang sehat dan pintar. Karena itu, gizi setiap anak Indonesia harus dipastikan tercukupi. Sehingga pada HGN yang ke-64  ini Kementerian Kesehatan RI mengangkat tema “MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting”.

Salah satu acara yang diselenggarakan RSAB Harapan Kita dalam rangka HGN ke-64 yaitu penyuluhan gizi yang ditujukan pada pasien rawat jalan anak dan bunda RSAB Harapan Kita. Penyuluhan ini dilakukan pada Kamis tanggal 25 Januari 2024 di poliklinik rawat jalan Alamanda RSAB Harapan Kita.

Plt. Direktur Medik dan Keperawatan RSAB Harapan Kita dr. Endah Citraresmi, SpA(K), MARS hadir langsung dalam acara ini. Dalam pembukaan acara, beliau memberikan pengantar terkait bahaya stunting kepada anak.

“Kalau anak sakit berat badan turun itu biasa. Tapi harusnya setelah sakit, itu naik lagi beratnya. Tapi kalau kita tidak lakukan intervensi maka gangguan gizi itu berlangsung lama akhirnya anaknya jadi stunting. Nanti anaknya pendek, apa akibatnya? itu biasanya berhubungan dengan kecerdasan anak. Bapak/ibu mau anaknya cerdas kan? kalau mau anaknya cerdas berarti harus gizinya baik. Gimana caranya gizinya baik? salah satunya adalah dengan MP-ASI yang kaya protein”. kata dr. Endah dalam sambutannya

Meyambung sambutan dr. Endah, Ahli Gizi Dinda Yulian Ardiani, S.Gz melanjutkan acara dengan memberikan paparan dengan judul Pemberian MP-ASI yang tepat untuk cegah stunting.

Penyuluhan ini mendapatkan respon yang baik dari para pasien rawat jalan RSAB Harapan Kita. Berbagai pertanyaan dan diskusi dilontarkan oleh para orang tua pasien terkait pemberian MP-ASI yang optimal. Bahkan Instalasi Gizi juga membuka booth konsultasi gizi secara gratis bagi para orang tua pasien yang belum sempat memberikan pertanyaan pada saat penyuluhan.

Bukan Penyuluhan eksternal saja, Instalasi Gizi RSAB Harapan Kita juga memberikan penyuluhan gizi secara internal kepada civitas hospitalia RSAB Harapan Kita. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 26 Januari 2024.

Selain penyuluhan gizi, dilaksanakan juga program “Wellness Employee Challenge”. Program ini merupakan kompetisi penurunan berat badan yang ditujukan kepada civitas hospitalia RSAB Harapan Kita. Sebelumnya program challenge seperti ini pernah dilakukan sebelumnya pada HGN ke-63 pada Januari 2023 lalu.

Direktur Utama RSAB Harapan Kita dr. Ockti Palupi Rahayunintyas, MPH, MH.Kes sangat meyambut baik challenge ini diselenggarakan kembali. Menurut beliau kegiatan seperti ini selaras dengan visi Menteri Kesehatan RI dalam menuju Indonesia Emas pada tahun 2045.

“Menuju ke 2030 itu tidak mungkin tidak yang menjadi tulang punggung adalah kesehatan dan pendidikan. Karena kita harus sehat, karena itu wellness challenge ini saya sangat mendukung, supaya kita semua sehat, yang muda-muda yang belum menikah, yang sebentar lagi menikah bisa melahirkan anak-anak yang generasi unggul dan generasi sehat. Sehingga manusia Indonesia nantinya menjadi manusia unggul yang bisa bersaing dengan negara-negara lain. Untuk itu kita harus mulai dari sekarang, kita mulai dari diri kita sendiri dan kita mulai dari hal-hal yang bisa kita lakukan” ucap dr. Ockti

Wellness Employee Challenge dimulai dengan pendataan para peserta, dimulai dari pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar perut, tensi darah, kadar lemak dan konsultasi gizi oleh para ahli gizi RSAB Harapan Kita. Nantinya peniliaian akan dilakukan pada Juni 2024 mendatang.

Selain penyuluhan Gizi dan Wellness Employee Challenge, masih ada banyak berbagai rangkaian acara HGN lainnya yang sudah dimulai sejak 18 Januari 2024 lalu. Dimulai dari Siaran Radio Kesehatan dengan Kemenkes RI, Lomba Penyajian Makanan, Lomba Testimoni Review Makanan RSAB Harapan Kita, Live Instagram dengan Mitra Gue Sehat, Live Instagram dan Tiktok (Ngobras) Ngobrol Santai, Kuliah Whatsapp Bersama Mitra Orami Parenting, Edukasi Infografis, Edukasi Kunjungan Pasien Rawat Inap dan Senam Sehat Bersama.