Rabu, 24 Januari 2024 12:26 WIB

Hari Gizi Nasional ke-6, RSO R. Soeharso Sosialisasikan MP-ASI Berkualitas

Responsive image
Iqbal Sabastian - RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta
155

Hari Gizi Nasional ke-64, RSO R. Soeharso Sosialisasikan MP-ASI Berkualitas

 

Sukoharjo (23/01) - Dalam rangka merayakan Hari Gizi Nasional ke-64 tahun 2024, RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta yang diperingati pada tanggal 25 Januari. Dihadiri Direktur Medik dan Keperawatan serta undangan dan narasumber kegiatan hari gizi, yang dilaksanakan di Gedung Pelayanan Terpadu lantai 4 RSO R. Soeharso.

Acara yang dihadiri lebih dari 40 orang ini mengusung tema “MP-ASI Berkualitas untuk Indonesia Emas”, tema tersebut relevan dengan kondisi gizi di Indonesia saat ini, yaitu stunting yang masih menjadi masalah serius di Indonesia. Perlu diperhatikan bahwa pada pemberian MP-ASI, bayi tetap terus diberikan ASI.


“Pencegahan stunting di Indonesia sangat penting untuk pertumbuhan generasi muda Indonesia, MP-Asi adalah makanan pendamping asi bukan pengganti asi dengan makanan lain. Pemberian MP-Asi tentu dengan gizi yang kaya akan protein.” Sambutan Direktur Medik dan Keperawatan Dr. dr. Tito Sumarwoto, Sp.OT(K)., M.Kes.

Melalui peringatan Hari Gizi Nasional ke-64 ini, harapan ke depannya adalah agar masyarakat lebih sadar akan pentingnya menerapkan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) kaya protein hewani yang optimal untuk mencegah stunting dan menciptakan generasi emas Indonesia.
 

“Pemberian makanan yang salah akan menyebabkan stunting. Stunting tidak hanya sekedar pendek dan kurus namun pertumbuhan otak dimulai sejak masih dalam kandungan hingga usia 2 tahun. Penting untuk memberikan vitamin sejak masa kehamilan hingga MP-Asi yang kaya akan protein dan kecukupan gizi untuk bayi.” Ujar dr. Aisya Fikritama Aditya, Sp.A dokter spesialis anak RSO R. Soeharso Surakarta.

Menurut ahli gizi Ayyun Musthofiyah, S.Gz “Bayi usia 6 bulan membutuhkan makanan pendamping asi guna menyeimbangkan pertumbuhan si bayi, dari cara mengolah hingga disajikan dengan tinggi protein dan kaya akan gizi”.