Senin, 22 Januari 2024 16:39 WIB

RS M Djamil Luncurkan Jurnal Frontiers in Healthcare Research (FIHR)

Responsive image
Humas/Khairian - RSUP dr. Djamil Padang
191

Padang (22/01) -  Dalam rangka meningkatkan ilmu pengetahuan berbasis riset (penelitian), Rumah Sakit M Djamil melalui Tim Kerja Penelitian dan Pengembangan luncurkan jurnal  yang diberi nama Frontiers in Healthcare Research (FIHR) pada kegiatan pekan ilmiah dan launching jurnal, di Aula lantai IV Poliklinik Rawat Jalan.

Peluncuran jurnal berbahasa Inggris ke dua di Indonesia untuk kategori Rumah Sakit Vertikal di lingkungan Kementerian Kesehatan RI ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat civitas hospitalia untuk melakukan penelitian-penelitian. 

Launching jurnal ini dilakukan langsung Direktur Utama RS M. Djamil, Dr. dr. Dovy Djanas, Sp.OG-KFM, MARS FISQua yang didampingi langsung oleh jajaran direksi, perwakilan  Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, pimpinan Perguruan Tinggi Kesehatan, Ketua organisasi profesi kesehatan dan sejumlah tamu undangan lainnya.

“Tentunya kami sangat bahagian dengan kegiatan pekan ilmiah dan launching jurnal kita ini,” ujar Direktur Utama RS M Djamil dalam sambutannya.

Ia menjelaskan, salah satu fungsi rumah sakit yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan adalah menyelenggarakan penelitian dan pengembangan, serta penapisan teknologi bidang kesehatan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan.  Hal itu juga sejalan dengan Visi RS M. Djamil yaitu “menjadi rumah sakit terkemuka dalam pelayanan, pendidikan, dan penelitian di Asia Tenggara Tahun 2024” dan penelitian menjadi salah satu gebrakan bersama untuk terwujudnya Visi rumah sakit yang kita cintai ini.

“Sejauh ini sebagian besar penelitian yang dilakukan di sini (RS M. Djamil) merupakan penelitian klinik, karena mudah mengakses dan melakukan pemantauan terhadap subyek penelitian. Namun tidak menutup kemungkinan penelitian di bidang manajerial kesehatan. Tentunya hasil penelitian yang dilakukan nantinya dapat digunakan untuk meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan  dan dihimpun melalui jurnal yang diterbitkan ini,” ujar Dirut sembari mengatakan hal tersebut sebagai salah satu upaya transformasi pelayanan kesehatan yang digaungkan Kemenkes RI.

Dokter sub spesialis Fetomaternal itu juga mengatakan, Pekan Ilmiah yang digelar menjadi momentum penting untuk merayakan dan mengapresiasi dedikasi serta kerja keras seluruh tim yang terlibat dalam upaya peningkatan mutu layanan kesehatan di RS M. Djamil. Serta bagian dari inovasi tersebut merupakan kunci untuk mencapai standar pelayanan kesehatan yang lebih tinggi.

Terkait peluncuran jurnal "Frontiers in Healthcare Research", RS M. Djamil berkomitmen untuk menjadi pelopor dalam menghadirkan penelitian-penelitian berkualitas tinggi di bidang kesehatan juga menjadi wahana untuk menghadirkan solusi-solusi yang dapat meningkatkan mutu layanan kesehatan dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

Mantan Ketua POGI Sumatera Barat itu  berharap dapat menemukan terobosan-terobosan baru yang dapat menjadi landasan bagi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan secara global melalui kolaborasi, pertukaran ide, dan kerjasama antarprofesional

Terkait pembiayaan, Dirut menyebut tahun ini pihaknya kembali memberikan dana hibah penelitian untuk peneliti staf rumah sakit. Pemberian dana hibah ini bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan animo seluruh civitas hospitalia dalam melakukan penelitian yang bermanfaat untuk kemajuan dunia kesehatan dan meningkatkan pelayanan

“Kami (RS M Djamil) percaya bahwa investasi untuk penelitian ini tidak hanya akan memberikan manfaat langsung bagi penelitian yang dilakukan, tetapi juga akan menjadi modal berharga untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan yang kita berikan kepada masyarakat, memberikan dampak positif secara signifikan, seiiring dengan visi RS M. Djamil untuk menjadi pusat unggulan dalam pelayanan kesehatan dan penelitian di Indonesia,” harapnya sembari mengajak seluruh civitas hospitalia untuk aktif berpartisipasi dalam program penelitian tersebut.

Manager Tim Kerja Penelitian dan Pengembangan, dr. Zulda Musyarifah, Sp.PA  mengatakan kehadiran jurnal FIHR RS M. Djamil tersebut diharapkan mempu menjadi sarana publikasi untuk menjembatani para peneliti dan praktisi kesehatan dalam menghadirkan inovasi di bidang pelayanan kesehatan.

Ia juga mengungkapkan jurnal FIHR di RS M. Djamil, merupakan jurnal  RS Vertikal yang ke-3 di Indonesia dan juga merupakan yang ke-2 hadir dengan menggunakan bahasa Inggris.

“Tentunya ini sebagai wujud kontribusi kita di RS M Djamil dan tentu kami mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam penelitian mengingat jurnal ini merupakan panggung bagi peneliti terhadap hasil temuannya, pertukaran ide serta melakukan kolaborasi untuk kemajuan ilmu pengetahuan,” pungkasnya.

Dalam peluncuran jurnal secara seremonial tersebut dijuga dilaksanakan mini Simposium  bersama dr. Ricvan Dana Nindrea tentang  tips dan trik publikasi penelitian Internasional dan Dr. dr. Rizki Rahmadian, Sp.OT(K), M.Kes yang membahas tentang mengungkap potensi sel punca: pengenalan penelitian stemcell untuk kesehatan masa depan.

Mini Simposium ini dimoderatori oleh dr. Hendra Permana, Sp.S (K), M.Biomed yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Tidak hanya itu, di lokasi kegiatan juga ditampilkan pameran poster artikel penelitian staf RS M. Djamil.