Senin, 22 Januari 2024 09:12 WIB

RSUP Dr M Djamil Raih Peringkat III Nasional dengan Tingkat Maturitas BLU Terbaik Penghargaan dilingkungan RS Vertikal Kemenkes RI

Responsive image
Humas/Khairian - RSUP dr. Djamil Padang
268

Makassar (20/01) - RSUP Dr M Djamil menerima tanda penghargaan sebagai Rumah Sakit Vertikal kategori Rumah Sakit Umum dengan Tingkat Maturitas BLU Terbaik Peringkat III. Penghargaan ini merupakan bukti nyata dari komitmen RSUP M Djamil dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas tinggi.

Penghargaan itu diterima langsung Direktur Utama RSUP Dr M Djamil, Dr dr Dovy Djanas SpOG KFM MARS FISQua yang diserahkan oleh Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dr Azhar Jaya SH SKM MARS pada kegiatan saat Refleksi dan Konsolidasi Program Kerja Rumah Sakit Vertikal digagas oleh Asosiasi RS Vertikal Indonesia (ARVI) di Makassar.

Penghargaan tersebut langsung ditandatangani oleh Menteri Kesehatan RI Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU. Pada peringkat pertama diraih RSUP dr Sardjito Yogyakarta dan peringkat dua diraih RSUP dr Kariadi Semarang. Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Menteri Kesehatan RI, pejabat eselon 1 Kemenkes,Direktur dilingkungan RS Vertikal kemenkes serta Dewan Pengawas RSUP M Djamil.

Dirut RSUP M Djamil Dr dr Dovy Djanas SpOG KFM MARS FISQua menyampaikan rasa terima kasih kepada Menteri Kesehatan atas penghargaan yang diterima

"Kami merasa bahgia dan bangga serta ucapan terima kasih atas penghargaan ini. Ini adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi seluruh tim dan civitas hospitalia RSUP M Djamil dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat," ujarnya.

Dirut Dovy menjelaskan Maturity Rating Assessment merupakan sebuah tools yang bertujuan untuk mengukur tingkat maturitas (kematangan) BLU pada seluruh aspek tata kelola organisasi secara komprehensif, dan end to end, menilai aspek keuangan, aspek pelayanan dan Total Quality Management (TQM). Terdiri dari kapabilitas internal, tata kelola, inovasi dan lingkungan.

Hasil akhir penilaian maturitas adalah rekomendasi perbaikan kinerja BLU agar pertumbuhan dan peningkatan kualitas layanan bLU dapat dilakukan dan dimonitor secara berkala. Penilaian ini dapat digunakan untuk menilai level maturitas organisasi pada aspek tertentu.

“Tentunya penghargaan ini menjadi motivasi bagi RSUP Dr M Djamil untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan dan kesehatan bagi masyarakat,” pungkasnya.

Sebagai mana diketahui, kegiatan  “Refleksi dan Konsolidasi Program Kerja Rumah Sakit Vertikal tahun 2024” merupakan kegiatan rutin tahunan yang diikuti seluruh RS Vertikal. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan refleksi atas capaian tahun 2023 dan konsolidasi program-program kerja pada tahun 2024 agar selaras dengan arah kebijakan Kementerian Kesehatan.