Minggu, 21 Januari 2024 11:36 WIB

Hadir di Makassar, Dirjen Yankes Paparkan Capaian Transformasi RS Vertikal Tahun 2023

Responsive image
NRI - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
395

Makassar (20/01) – Refleksi dan Konsolidasi Program Kerja Rumah Sakit Vertikal Tahun 2024 yang dilaksanakan oleh ARVI (Asosiasi Rumah Sakit Vertikal Indonesia) berlangsung selama dua hari di Makassar pada Jumat-Sabtu, 19-20 Januari 2024.

Kegiatan  “Refleksi dan Konsolidasi Program Kerja Rumah Sakit Vertikal tahun 2024” merupakan kegiatan rutin tahunan yang diikuti seluruh RS Vertikal. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan refleksi atas capaian tahun 2023 dan konsolidasi program-program kerja pada tahun 2024 agar selaras dengan arah kebijakan Kementerian Kesehatan.

Agenda hari pertama dilaksanakan evaluasi dan konsolidasi seluruh RS Vertikal terhadap perencanaan dan anggaran, penyelenggaraan BLU, penyelengaraan pengampuan, akreditasi internasional, pemenuhan alat kesehatan pada RS Vertikal serta harmonisasi dengan kebijakan dan program di Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. Sedangkan pada hari kedua kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Penandatanganan MoU dengan 14 Asuransi Kesehatan swasta terkemuka di Indonesia, Penandatanganan MoU dengan Bank Mandiri, Peluncuran Dasboard Keuangan RS Vertikal Bank Mandiri, Pengumuman dan pemberian penghargaan RS Vertikal atas pelaksanaan transformasi RS Vertikal, kinerja layanan, dan kinerja keuangan, dan kunjungan ke RS Vertikal yang sedang proses pembangunan di Center Point of Indonesia.

Turut hadir dalam pertemuan ini Menteri Kesehatan, Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU; PJ Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. Bahtiar Baharuddin, M. Si; Pejabat Eselon I di Lingkungan Kementerian Kesehatan; Direktur Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan, Astera Primanto Bhakti; Staf Khusus Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Media, Rendi Witular S.S, M.I.B.M; Ketua-Ketua Dewan Pengawas RS Vertikal; Ketua Asosiasi RS Vertikal; Direksi Rumah Sakit Vertikal; Pejabat Tinggi Pratama di Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan; Senior executive vice president PT Bank Mandiri , Sunarto Xie; dan 14 Pimpinan Perusahaan Asuransi Kesehatan Swasta.

“Sejalan dengan agenda Transformasi Sistem Kesehatan, RS Vertikal, telah disusun roadmap 14 Inisiatif Transformasi Rumah Sakit Vertikal tahun 2022-2024 yang dilaksanakan secara bertahap. Hingga tahun 2023 telah dilaksanakan 10 inisiatif Transformasi RS Vertikal dan pada tahun 2024 akan bertambah menjadi 14 Inisiatif.” Jelas Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, dr. Azhar Jaya, SH, SKM, MARS pada kesempatan tersebut.

Berikut adalah capaian Transformasi RS Vertikal tahun 2023 yang telah dilaporkan langsung oleh Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan kepada Menteri Kesehatan :

• Fasilitas Pendukung

36 RSV telah mencapai standar minimal fasilitas pendukung

• Perbaikan Waktu Layanan:

Telah tercapai rerata kumulatif cut-off pada:

a) waktu tunggu lab (90% target 80%)

b) waktu pemeriksaan radiologi (80% target 80%)

d) pembatalan operasi elektif (0,1% target <3>

• Kepuasan dan penanganan keluhan : telah mencapai target keluhan kategori non medis <24>

• Telah dilaksanakan pola remunerasi baru berbasis kinerja

• Standar Klinis: dari 45 indikator klinis, 30 indikator mencapai target

• Telah dilakukan integrasi dengan dengan SatuSehat dan pendaftaran online BPJS

• RSV telah memiliki sistem inventory

• 32 RSV telah memiliki layanan Poli Eksekutif

• Telah dibentuk unit penelitian klinik khususnya pada 17 RSV penyelenggara percepatan CRU

• Telah disusun nomenklatur tindakan operatif dan non-operatif di RS Vertikal dan unit cost