Kamis, 18 Januari 2024 12:14 WIB

Tetap Sehat Selama Berpuasa dengan Perencanaan Makan yang Tepat

Responsive image
Unit Promosi Kesehatan RSUP Fatmawati - RSUP Fatmawati Jakarta
168

Jakarta (11/01) - Meskipun Ramadhan hanya berlangsung selama 1 bulan setiap tahunnya, namun hal ini dapat disertai dengan perubahan signifikan pada asupan energi dan zat gizi dalam komposisi. Pada bulan ini juga merupakan kesempatan untuk makan bersama keluarga dan teman. Sejalan dengan perubahan pola makan selama bulan Ramadhan ini, perubahan metabolisme dan fisiologis lainnya juga dapat terjadi, seperti kenaikan berat badan dan fluktuasi kadar gula darah. Oleh karena itu ketika menghadapi bulan puasa, pasien diabetes perlu perencanaan makan yang tepat di bulan puasa sesuai jadwal, jumlah, dan jenis makanan yang dianjurkan.

Dalam rangka memberikan tambahan pengetahuan kepada pasien diabetes, RSUP Fatmawati melakukan edukasi lanjutan dalam Serial Edukasi Diabetes Edisi Ramadhan. Pada kesempatan ini materi yang disampaikan berjudul “Perencanaan Makan  Diabetisi pada Puasa Ramadhan” oleh Herlina, S.Gz, RD (Edukator Diabetes)  yang dilakukan secara hybrid melalui aplikasi zoom dan secara tatap muka di Ruang Edukasi Diabetes, Pusat Layanan Diabetes Terpadu, Poliklinik Rawat Jalan Lantai 2 RSUP Fatmawati.

Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan tanya jawab melalui ruang chat Aplikasi Zoom dan pertanyaan yang disampaikan pasien secara langsung kepada narasumber di ruang edukasi. Serial edukasi kali ini diikuti oleh 32 orang peserta yang terdiri dari 6 orang peserta mengikuti secara luring dan 26 orang mengikuti secara daring.

Sebagai penutup, narasumber menyampaikan bahwa pola  makan bagi diabetisi yang berpuasa sebenarnya sama dengan ketika tidak puasa, segerakan berbuka dan sahur di akhir waktu. Jangan lupa minum air putih 8–10 gelas  per hari untuk menghindari dehidrasi.