Kamis, 18 Januari 2024 12:10 WIB

RSUP Fatmawati Gerak Cepat Inisiasi Kegiatan Edukasi Diabetes Edisi Ramadhan

Responsive image
Unit Promosi Kesehatan RSUP Fatmawati - RSUP Fatmawati Jakarta
148

Jakarta (09/01) - Ramadhan adalah bulan ke 9 dalam kalender hijriah dan bulan puasa bagi umat Islam. Puasa ramadhan berlangsung selama 29 atau 30 hari dan jatuh pada periode yang berbeda setiap tahun. Selama waktu ini, umat Islam berpuasa dari waktu imsak sampai adzan maghrib. Umat islam akan melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan kurang dari dua bulan yang akan datang. Begitu juga umat muslim yang terdiagnosis juga berkewajiban melakukan puasa.

Pasien diabetes yang akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan, memiliki berbagai risiko yang tak diinginkan, seperti dehidrasi, hipoglikemia, hiperglikemi, ketoasidosis dan thrombosis. Meskipun demikian sebagian besar pasien diabetes (83-89 %) tetap ingin menjalankan puasa Ramadhan meskipun mempunyai risiko yang tinggi.  Tenaga kesehatan termasuk dokter dan edukator diabetes hendaknya dapat membantu pasien diabetes yang ingin menjalankan puasa Ramadhan guna mengurangi terjadinya risiko yang tidak diinginkan, dengan memberikan edukasi khusus Ramadhan pada pasien.

Terbukti dari suatu penelitian bahwa edukasi khusus Ramadhan pada pasien diabetes memperbaiki kepatuhan pasien pada rekomendasi yang dianjurkan dalam menjalani puasa Ramadhan. Oleh karena itu, RSUP Fatmawati menginisiasi kegiatan Serial Edukasi Diabetes Edisi Khusus Ramadhan yang dilakukan secara hybrid melalui aplikasi zoom dan secara tatap muka di Ruang Edukasi Diabetes, Pusat Layanan Diabetes Terpadu, Poliklinik Rawat Jalan Lantai 2 RSUP Fatmawati.

Serial Edukasi Diabetes Edisi Ramadhan tahun ini materi pertama yang disampaikan berjudul “Diabetes dan Puasa Ramadhan” yang disampaikan oleh dr. M. Ikhsan Mokoagow, M.Med, Sci, Sp.PD, KEMD dan dimoderatori oleh Wiyono, AMK. Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan tanya jawab melalui ruang chat Aplikasi Zoom dan pertanyaan yang disampaikan pasien secara langsung kepada narasumber di ruang edukasi. Serial edukasi pertama ini diikuti oleh 42 orang peserta.

Kegiatan edukasi ini akan dilakukan 2 kali setiap minggu pada hari Selasa dan Kamis dengan berbagai topik seputar persiapan menghadapi puasa Ramadhan. Diharapkan melalui kegiatan ini, masyarakat khususnya diabetesi dapat menjalankan puasa dengan sehat dan terhindar dari berbagai risiko yang tak diinginkan.