Kamis, 28 Desember 2023 08:37 WIB

Pemantauan Jalur Mudik Libur Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 di Jalur Pantura 

Responsive image
Rafi - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
131

Surabaya (23/12) – Tim Pemantau Pelayanan Kesehatan Mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Rute Jalur Pantura melakukan kegiatan pemantauan kesiapan pelayanan fasilitas Kesehatan di Kab. Karawang, Kab. Subang, Kab. Majalengka, Kab. Cirebon, Kab. Brebes, Kab. Batang, Kota Semarang, Kab. Semarang, Kab. Sragen, Kab. Ngawi, Kab. Lamongan, Kota Surabaya, dan Kab. Sidoarjo di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Pemantauan tersebut dilaksanakan pada tanggal 21 – 23 Desember 2023.

Dalam penyusuran di hari pertama, pasca dilepas langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, tim langsung bergerak menuju Kabupaten Karawang untuk memulai kegiatan pemantauan. Tim Kemeterian Kesehatan didampingi langsung oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat untuk meninjau langsung Puskesmas Cikampek. Setelah memastikan kesiapan Puskesmas Cikampek, tim segera bergerak ke arah timur menyusuri Tol Jakarta - Semarang dan singgah di Rest Area 102 Kabupaten Subang, Rest Area 166 Kabupaten Majalengka, Rest Area 207 Kabupaten Cirebon untuk meninjau kesiapan pos kesehatan di Rest Area tersebut.

Beranjak dari Provinsi Jawa Barat, tim kemudian menuju Provinsi Jawa Tengah. Titik yang menjadi tujuan pematauan pertama di Provinsi Jawa Tengah adalah Public Service Center 119 Kabupaten Brebes. Tim kembali bergerak ke timur menuju Kabupaten Batang, untuk menuju titik pemantauan selanjutnya di Pos Kesehatan Rest Area 379. Kemudian dilanjutkan ke Kota Semarang untuk memantau di Pos Kesehatan yang berada di Stasiun Tawang Kota Semarang.

Keesokan harinya, tim melanjutkan pemantauan di Puskesmas Mangkang Kota Semarang, serta Rest Area 429 Ungaran, Rumah Sakit At-Tin Bawen, Puskesmas Bawen, Pos Kesehatan di Gua Maria Kerep yang berada di Kabupaten Semarang. Kemudian dilanjutkan pemantauan di Kabupaten Sragen di Rest Area 456 dan Rest Area 519.

Selain melakukan pemantauan di Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah, Tim Kementerian Kesehatan juga melakukan pemantauan di Provinsi Jawa Timur yang didampingi langsung oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Pemantauan dilakukan di Rest Area 575 dan PSC 119 Ngawi yang berada di Kabupaten Ngawi.

Pemantauan di hari ketiga dimulai dari Pos Kesehatan di Wisata Bahari Lamongan, RSU dr. Suyudi Paciran dan Puskesmas Paciran yang berada di Kabupaten Lamongan. Pemantauan diakhiri di Kota Surabaya dengan memantau Pos Kesehatan di Surabaya Zoo dan Pos Pelayanan Kesehatan Taman Bungkul.