Senin, 25 Desember 2023 09:20 WIB

Pantauan Kesiapan Pelayanan Kesehatan Natal dan Tahun Baru di Pulau Lombok

Responsive image
rfs - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
213

Mataram (24/12) - Perjalanan Tim Pemantau Pelayanan Kesehatan Rute Surabaya-Bali-Lombok memasuki hari terakhir. Kegiatan Pemantauan kesiapan pelayanan kesehatan di Nusa Tenggara Barat, dimulai dari Kabupaten Lombok Barat, Kota Mataram, dan terakhir di Kabupaten Lombok Tengah.

Setelah kurang lebih 5 jam menyebrani selat lombok, Sarto. Ketua Tim Perijinan dan Registrasi Failitas Pelayanan Kesehatan Primer Sarto.Kom, MKM beserta rombongan akhirnya tiba di pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat. Setibanya di pelabuhan lembar, tim langsung bergerak menuju kantor kesehatan pelabuhan lembar untuk meninjau kesiapan pelayanan kesehatan menghadapai masa natal dan tahun baru.

Didampingi Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat, dari pelabuhan lembah tim bergerak kembali untuk memantau kesiapan pelayanan kesehatan di puskesmas Jembatan Kembar Kabupaten Lombok Barat. Berlanjut dari puskesmas, perjalanan tim pemantau pelayanan kesehatan kemudian singgah di pos terpadu Bundaran Giri Menang Square atau yang lebih sering disingkat bundaran GMS  yang menjadi persimpangan untuk menuju Kota Mataram, Kabupaten Lombok Tengah, maupun Kabupaten Lombok Timur. Pada pos terpadu bundaran GMS, dinas kesehatan Kabupaten Lombok barat mendirikan tenda pos kesehatan yang bersebelahan dengan posko terpadu milik kepolisian. Bundaran GMS menjadi lokasi strategis dikarenakan titik pertemua ini adalah percabangan untuk menuju kota mataram, bandara intenasional lombok, dan pelabuhan lembar.

Dari bundaran GMS tim kembali bergerak menuju kota mataram untuk singgah di posko terpadu epicentrum mall mataram.  Epicentrum mall menjadi salah satu titik keramaian dan konsentrasi masa pada masa libur natal dan tahun baru.

Beranjak dari kota mataram, tim kemudian menuju kabupaten lombok tengah. Titik yang menjadi tujuan pematauan adalah puskesmas kuta, puskesmas ini adalah puskesmas terdekat dengan kawasan wisata pantai kuta, yang pada masa liburan kali ini diperkirakann akan mengalami lonjakan pengunjung dan wisatawan yang cukup signifikan. Puskesmas Kuta menjadi titik persinggahan terakhir Tim Pemanatuan Pelayanan Kesehatan sebelum menuju ke Bandara Internasional Lombok atau yang dikenal juga sebagai Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid untuk kembali ke Ibu Kota Jakarta.

Setelah melewati perjalanan 4 hari yang cukup panjang, dan melihat serta memantau berbagai kesiapan pelayanan kesehatan di lapangan, tim yang dikomando oleh Sarto, SKM, MKM berterima kasih kepada seluruh pihak yang bahu-membahu serta saling bersinergitas dalam menciptakan masa mudik natal dan tahun baru menjadi aman, nyaman, dan selamat.

Akhir kata Kami Keluarga Besar Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Mengucapkan Selamat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.