Minggu, 24 Desember 2023 10:42 WIB

Pemantauan Jalur Mudik Libur Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024, Toraja-Makassar

Responsive image
ant - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
207

Makassar (20/12) - Tim Pemantau Pelayanan Kesehatan Mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Rute Sulalwesi Selatan, dengan melalui kegiatan pemantauan kesiapan pelayanan fasilitas Kesehatan di  Kab. Toraja Utara, Kab. Tana Toraja, Kab. Enrekang, Kota Parepare, Kab. Maros dan  Kota Makassar - Provinsi Sulawesi Selatan. Dimulai tanggal 17-20 desember tahun 2023.

Di di jalur Kab. Toraja dan Kab. Toraja dilakukan pemantauan kesiapan beberapa titik Pos Kesehatan di beberapa Rumah ibadah yang yang terdapat kota Rantepao dan kota makalele Toraja, yang bisanya Masyarakat melakukan ibadah perayaan hari Natal di beberapa Gereja di kota Rantepao dan Makelel, dan disetiap di gereja kota tersebut sudah menyiapkan layanan Kesehatan dan setiap gerja terdapat mobil ambulans untuk membawa pasien yang akan di rujuk ke Puskesmas terdekst atau Rumah Sakit.
Berlanjut dari Rantepao dan Makelel, perjalanan berlanjut menuju Puskesmas Kapala Pitu, dipuskemas ini dalam menghadapi masa natal dan tahun baru pelayanan tetap berjalan walaupun pada masa cuti bersama. Setelah mengunjungi Puskesmas Kapala Pitu, perjalanan diteruskan menuju pos kesehatan wilayah puskesmas Tadung Nanggala yang berjarang kurang lebih 1 km dari puskesmas perbatasan toraja utara dan palopo, untuk pembukaan pos kesehatan ini sendiri masih menunggu arahan dari Polda selaku pengendali operasi masa natal dan tahun baru.

Untuk kesiapsiagaan RSUD Lakipadada Kab. Tanah Toraja dalam masa natal dan tahun baru kali ini menyiagakan Tim gawat darurat, ICU, Rawat Inap, serta menyiapkan ambulance bila terjadi pergerakan atau kejadian yang bersifat gawat darurat dan memerlukan rujukan ke Rumah Sakit.  RSUD Lakipadada  selalu berkoordinasi penuh dengan posko-posko yang ada, seperti Puskesmas Makale dan Terminal, dimana IGD Rumah Sakit siap dan siaga menghadapi situasi apapun di masa natal dan tahun baru tahun ini.

Setelah singgah diberbagai pos kesehatan di wilayah Toraja dan Torata Utara, tim bergerak kembali menuju Kabupaten Enrekang. Di wilayah Enrekang menhhadapi masa natal dan tahun baru mendirikan 2 pos kesehatan, dengan lokasi satu di kota dan satu lagi disekitar perbatasan. Dinas Kesehatan Kabupaten Enrekang juda menyiagakan PSC 119 untuk siaga selama 24 jam penuh dengan respon time kurang dari 10 menit bila terjadi keadaan gawat darurat.

Bergerak dari enrekang, perjalanan berlanjut menuju parepare untuk melihat kesiapan menghadapi Natal dan Tahun Baru di Wilayah Parepare. Posko terpadu berada dipelabuhan dimana penyelenggaraan angkutan laut, kapal Pelni yang mengelilingi pelabuhan-peabuhan di Sulawesi Selatan singgah di Kota Pare-pare. Sebelumnya dalam menghadapi masa natal dan tahun baru telah dilaksanakan apel siaga dan pemantauan 16 kapal untuk melihat kelayanan dan keselamatan kapal yang menbawa pemudik.

Pasca meninjau kesiapan Kota Parepare dalam menghadapi masa natal dan tahun baru, perjalanan menuju titik akhir tujuan yaitu Kota Makassar. Di Kota Makassar peninjauan dilakukan di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Makassar, dalam pemantauannya telah tersedia ambulance, dokter, dan perawat yang siaga 24 jam penuh serta dibantu dukungan tenaga dari Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Makassar, Universitas Islam Makassar, dan Universitas Bosowa Makassar.