Sabtu, 23 Desember 2023 01:01 WIB

Peninjauan Kesiapan Pelayanan Fasilitas Kesehatan sepanjang jalur pantura Jawa Timur, Surabaya-Banyuwangi

Responsive image
rfs - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
207

Banyuwangi (22/12) – Tim Pemantau Pelayanan Kesehatan Mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Rute Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, memulai kegaiatan pemantauan kesiapan pelayanan fasilitas kesehatan di sepanjang jalur pantai utara jawa timur. Tim yang dipimpin oleh Ketua Tim Kerja Perizinan dan Registrasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer, Sarto, S.Kom, MKM, akan menyusuri jalur utama pemudik di Provinsi Jawa Timur bagian Timur hingga Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dalam penyusuran di hari pertama, pasca dilepas langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, tim langsung bergerak menuju Kota Surabaya Jawa Timur untuk memulai kegiatan pemantauan. Setibanya di Bandara Internasional Juanda, Tim Kemeterian Kesehatan didampinggi langsung oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur untuk meninjau langsung posko terpadu di Bandara Internasional Juanda, posko terpadu tersebut merupakan sinergi antara Angkasa Pura, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan Dinas Kesehatan.

Setelah memastikan kesiapan posko terpadu di Bandara Internasional Juanda Surabaya, tim segera bergerak ke arah timur menyusuri Tol Trans Jawa Pasuruan Probolinggo, dan singgah di Rest Area 792A  Kabupaten Pasuruan untuk meninjau kesiapan pos kesehatan di Rest Area 792A. Pos kesehatan Rest Area 792A dikelola langsung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, dan dikendalikan langsung oleh Public Service Center Kabupaten Pasuruan.

Pasca singgah di rest area 792A, tim kembali bergerak ketimur menuju kabupaten Probolinggo, untuk menuju titik pemantauan selanjutnya di Pos Kesehatan terpadu Pantai Bentar Kabupaten Probolinggo. Setibanya di Pos Kesehatan Pantai Bentar Probolinggo, tim sambut langsung oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo. Berdasarkan penuturan Dinas Kesehatan Probolinggo, untuk tahun ini pos kesehatan yang sebelumnya berada di persimpangan Gending, di pindahkan lokasinya ke Kawasan wisata pantai bentar. Kabupaten Probolinggo pada masa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 menyiagakan sembila rumah sakit dan sebelas puskesmas untuk bersiaga menghadapi pemudik dan wisatawan di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Dari Kabupaten Probolinggo, tim kembali bergerak menuju kabupaten Situbondo, di wilayah Kabupaten Situbodo, pemantauan dilakukan di Pos Kesehatan SPBU Utama Raya dan Puskesmas Kapongan. SPBU Utama Raya menjadi salah satu titik krusial di wilayah Kabupaten Situbondo. SPBU Utama Raya menjadi salah satu tujuan wisatawan dan pemudik di Jalan Raya Pantura Jawa Timur.

Kabupaten Banyuwangi menjadi tujuan akhir Tim pemantauan pelayanan kesehatan Natal dan Tahun Baru di Provinsi Jawa Timur. Setibanyan di Kabupaten Banyuwangi, tim diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi. Di Kabupaten Banyuwangi, tim meninjau langsung kesiapan Kabupaten Banyuwangi untuk menghadapi masa libur natal dan tahun baru, lokasi yang dikunjungi antara lain, Public Service Center, Puskesmas Klatak, dan Pos Kesehatan terpadu Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Posko terpadu pelabuhan Ketapang Banyuwangi menjadi perhatian, dikarenakan titik konsentrasi massa pergerakan pemudik dan wisatawan dari dan menuju ke pulau Bali.

Pos Terpadu Pelabuhan penyeberangan ASDP Ketapang Banyuwangi merupakan sinergitas antara Kepolisian, TNI, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, BASARNAS, ASDP, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan. (rfs)