Senin, 18 Desember 2023 16:35 WIB

RSCM Gelar Senam Sehat dan Skrining Kesehatan Bagi Masyarakat di Car Free Day, Jakarta

Responsive image
Yogi|Humas RSCM - RSUP dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta
162

Jakarta (10/12)-RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) gelar senam sehat dan skrining kesehatan di area Car Free Day, Bunderan HI pada 10 Desember 2023. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Direktur Perencanaan dan Pengembangan Strategi Layanan, Dr. dr. Arif Rahman Sadad, Sp.KF, SH, M.Si.Med dan dihadiri oleh civitas hospitalia RSCM, komunitas, dan masyarakat umum.

Kegiatan ini menunjukkan salah satu bentuk peran aktif RSCM dalam memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat luas dan juga memanfaatkan animo masyarakat yang datang ke area Car Free Day, Jakarta.

“Dan nantinya ini menjadi kegiatan rutin dan teman-teman panitia silakan nanti libatkan pegawai RSCM yang lebih banyak dari ini, dan berkolaborasi dengan masyarakat sekitar untuk mendapatkan masukan terutama dari pelanggan setia RSCM maupun dari berbagai pihak. Mudah-mudahan nanti semakin iconic dan diusahakan kita tidak pindah lokasi, tetapi kita tetap disini untuk sebulan sekali dan berkolaborasi dengan mengundang pihak terkait untuk bisa join kemudian nanti diinformasikan di website dan media sosial RSCM” ujar dr. Arif, pada sambutan pembukaan kegiatan.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan awareness masyarakat terkait kesehatan serta upaya promosi fasilitas dan layanan kesehatan yang diberikan RSCM kepada masyarakat. Dengan harapan, kegiatan ini tetap diadakan berkesinambungan tiap bulannya dan bisa menjadi kegiatan iconic di Car Free Day,Jakarta.

Mengutip pernyataan Ns. Rahayuningsih, S.Kep, MPH, selaku Kepala Instalasi Pemasaran dan Promosi Kesehatan RSCM menjelaskan bahwa ini bentuk salah satu upaya RSCM untuk tetap mempertahankan kualitas pelayanan dan berkontribusi penuh pada kesehatan masyarakat  dengan melakukan upaya persuasif agar masyarakat berperan serta dalam meningkatkan derajat kesehatannya melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Salah satu poin GERMAS adalah melakukan aktifitas fisik serta pemeriksaan kesehatan secara rutin. Sehingga dilaksanakan senam sehat dan skrining kesehatan, adapun tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Masyarakat sehat dimulai dari kita”.

Rangkaian acara terdiri dari senam sehat, konsultasi kesehatan, dan skrining kesehatan yang meliputi pengukuran kadar gula darah, kadar kolesterol, skrining pendengaran, pengukuran kadar lemak/ komposisi tubuh. Skrining kesehatan dilakukan oleh dokter yang kompeten di bidangnya masing-masing, sehingga hasil skrining bisa langsung dikonsultasikan dengan dokter yang bertugas di booth kegiatan.

“Saya sangat senang bisa ikut senam dan periksa kesehatan gratis yang diadakan oleh RSCM. Saya jadi lebih tahu dan paham perlunya periksa kesehatan secara berkala dan menjadi sadar pentingnya untuk menjaga kesehatan. Semoga kedepannya RSCM bisa mengadakan kegiatan seperti ini terus menerus dan tidak hanya kali ini saja” tutur Ibu Aulia, warga Setiabudi, yang ikut kegiatan ini.

Selain senam sehat dan skrining kesehatan, kegiatan ini juga dilengkapi dengan door prize sehingga acara semakin meriah. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat di Car Free Day yang singgah ke booth RSCM dan melakukan swafoto.