Senin, 18 Desember 2023 15:29 WIB

Pastikan Pelayanan Sesuai Standar, RSUP DR M Djamil Sambut Kunjungan Tim Rekredensialing

Responsive image
Khairian/HumasRSMDJ - RSUP dr. Djamil Padang
183

Padang (14/12)RSUP DR M Djamil sambut kunjungan tim Rekredesnialing dari Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Padang, Kamis (14/12).

Kedatangan tim Rekredensialing BPJS Kesehatan dipimpin langsung oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, dr. Fauzi Lukman Nurdianyah, MM dan Kepala Bagian Kerjasama dan Mutu Faskes, Dewi Winelfia, Rombongan ini disambut langsung Direktur Utama RSUP DR M Djamil, Dr. dr. Dovy Djanas, Sp.OG-KFM, MARS beserta jajaran direksi dan pimpinan unit di Aula Lantai IV Poliklinik Rawat Jalan.

“Tentunya kami mengucapkan selamat datang kepada Kepala Cabang BPJS Kesehatan Padang yang sudah berkenan hadir langsung dalam kegiatan Rekredensialing di RSUP Dr M Djamil ini,” kata Direktur Utama RSUP DR M Djamil saat menyampaikan sambutannya.

Ia mengungkapkan peningkatan pelayanan kesehatan di RSUP DR M Djamil untuk menjadi Rumah sakit pilihan masyarakat terus diupayakan sejalan dengan meningkatnya tuntutan masyarakat akan pelayanan yang optimal, bermutu dan profesional.

“Tentunya komitmen kami (RSUP DR M Djamil) untuk selalu meningkatkan pelayanan dari waktu kewaktu terus ditingkatkan, sehingga memuaskan masyarakat yang menggunakan jasa pelayanan rumah sakit. Karena bagaimanapun rumah sakit dan masyarakat merupakan dua sisi mata uang yang selalu menyatu satu sama lain,” terangnya.

Dr. Dovy menyebut, dalam mewujudkan transformasi kesehatan di Indonesia sebagaimana 6 pilar yang diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan. Salah satunya pilar keempat yaitu Transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, memberikan adanya kemudahan dan kesetaraan akses layanan kesehatan, terutama masyarakat yang masuk dalam golongan kurang mampu. RSUP Dr. M. Djamil berupaya terus berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan.

“Rekredensialing yang diselenggarakan ini merupakan tonggak penting dalam meningkatkan mutu layanan kesehatan bagi peserta Program Jaminan Kesehatan. Seiring akan berakhirnya masa Perjanjian Kerja Sama antara BPJS Kesehatan Cabang Padang dengan RSUP DR M Djamil, kami menyadari betapa pentingnya kolaborasi yang erat antara institusi kesehatan dan BPJS Kesehatan serta pemerintah dalam memastikan pelayanan kesehatan yang bermutu bagi masyarakat,’’ ulasnya.

Lebih lanjut ia menyebut, rekredensialing ini menjadi momen yang tepat untuk mengevaluasi dan meninjau kembali komitmen RSUP Dr M Djamil dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada peserta Jaminan Kesehatan mengingat kualitas pelayanan yang tinggi merupakan komitmen utama civitas hospitalia RSUP DR M Djamil.

“Kami berupaya untuk terus meningkatkan standar layanan kami demi kepentingan kesehatan masyarakat yang dilayani, tentu ini bukan hanya sekadar proses evaluasi, tetapi juga menjadi bagian integral dari upaya kita dalam meningkatkan mutu pelayanan dan menjadi proses yang harus terus berlangsung. Melalui proses ini, melalui evaluasi berkala ini membantu kami untuk tetap berinovasi, memperbarui standar, dan beradaptasi dengan perkembangan terbaru dalam bidang kesehatan,” pungkas dokter subspesialis Fetomaternal itu sembari menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kesama dan kolaborai yang terbangun selama ini yang mebawa manfaat yang signifikan bagi penyelenggaraan layanan kesehatan yang berkualitas.

Tidak hanya itu, Direktur Utama RSUP DR M Djamil juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh civitas hospitalia atas dedikasi dan komitmen yang diberikan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Kunjungan tersebut menjadi momentum mempererat hubungan kerja sama dan memacu semangat untuk terus berinovasi dan meningkatkan mutu layanan kesehatan.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, dr. Fauzi Lukman Nurdianyah, MM mengatakan Rekredensialing merupakan agenda rutin setiap tahunnya dan dilaksanakan pada akhir tahun. Hal itu sebagai bentuk peninjauan langsung terhadap kesepakatan kerjasama yang sudah disepakati bersama.

“Tentunya kami mengucapkan terimaksih kepada RSUP Dr M Djamil atas sinergi yang sudah terbangun selama ini,” ujarnya.

Diungkapkannya, kepesertaan dalam jaminan kesehatan merupakan bagian dari program nasional dan sejauh ini di Padang khususnya sudah berjalan secara optimal dan sudah melebih target dari rencana pembangunan jangka menengah dari Presiden RI.

“Kita berharap kepesertaan yang terus bertambah sejalan dengan peningkatan kualitas pelayanan dan kami melihat komitmen itu terus dijaga di sini (RSUP DR M Djamil),” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Padang yang baru menjabat beberapa waktu ini.

Ia mengatakan demi meningkatkan kepuasaan peserta, BPJS Kesehatan sebagai Badan Penyelenggara Program JKN bersama mitra Fasilitas Kesehatan (Faskes) terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu layanan pada setiap Fasilitas Kesehatan dengan terus memenuhi segala standar baik berupa sarana maupun syarat administrasi yang telah disepakati dalam perjanjian kerja sama.

“Kami juga berkomitmen untuk terus menjadi lebih baik bersama para mitra kami,’’ tegassnya.

Dalam kegiatan sambutan tersebut yang sebelumnya sudah dilakukan pengecekan dokumen serta presentasi RSUP DR M Djamil juga dilakukan penelusuran langsung ke lapangan oleh tim rekredensialing BPJS Kesehatan Cabang Padang.