Jumat, 15 Desember 2023 12:34 WIB

Tim Dokter Terus Melakukan Monitoring terhadap Pasien Korban Erupsi Marapi

Responsive image
Khairian/RSMDJ - RSUP dr. Djamil Padang
139

Bukittinggi (13/12) -Tim Dokter dan Keperawatan RSUP Dr M Djamil terus melakukan pemantauan intensif terhadap dua korban letusan Gunung Marapi berinisial ZZ dan AF yang sebelumnya sempat menjalani perawatan di RSUD Achmad Muchtar Bukittinggi.

Hingga hari 9 sejak dirujuk pekan lalu, kedua pasien telah menjalani  proses operasi dan perawatan terhadap luka bakar di rawat di ruang rawat RSUP Dr M Djamil. Namun untuk pasien ZZ, beberapa waktu ini dipindahkan ke ruang rawatan Intensif Care Unit (ICU) karena kondisi gangguan dan infeksi pada saluran pernafasan.

Sebagaimana dijelaskan, Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) yang menangani langsung pasien ZZ mengatakan saat ini kondisi ZZ sudah lebih baik dari sebelumnya.

“Sudah lebih baik (Pasien ZZ), kemarin itu sempat ada perbaikan eletrokimia dan sebagainya, kemudian yang menjadi masalah adalah infeksinya yang cukup berat,” ujar Dr. dr. Liliriawati Ananta Kahar, Sp.An, KIC selaku DPJP ZZ di ruang rawat ICU yang ditemui usai melakukan visit pasien, Rabu (13/12).

Dikatakannya, tim dokter RSUP Dr M Djamil akan terus melakukan perbaikan terhadap infeksi yang terjadi pada pasien ZZ dan perawatan luka bakarnya.

Sementara itu, Direktur Utama RSUP Dr M Djamil, Dr. dr. Dovy Djanas, Sp.OG-KFM, MARS mengungkapkan, sejak informasi peristiwa erupsi Gunung Marapi yang menyebabkan banyak korban, manajemen RSUP Dr M Djamil bergerak cepat membentuk tim dokter penanganan pasien korban erupsi tersebut. Mengingat peran RSUP Dr M Djamil sebagai rumah sakit rujukan tingkat lanjut.

“Tentunya kita akan berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada para pasien erupsi Marapi ini, dan terus melakukan monitoring” ujarnya usai melakukan peninjauan langsung ke ruang rawat pasien ZZ bersama unsur manajemen RSUP Dr M Djamil, Rabu (13/12) pagi.

Ia mengungkapkan, saat ini ada dua pasien erupsi yang menjalani perawatan di RSUP Dr M Djamil yakni pasien ZZ dan AF. Untuk pasien AF kondisinya cukup stabil dan berharap perawatan yang terus dilakukan pihaknya dan dapat segera sembuh.

“Kita akan terus fokus, dan tentu kami juga terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dan dalam hal ini bersama Dinas Kesehatan Sumbar untuk kedua pasien erupsi yang kita rawat ini,” ungkapnya.

Direktur Utama itu berharap, semoga kedua pasien ini segera pulih dan semua pihak mendoakan untuk kesembuhan pasien tersebut.

“Tentu kami juga berharap doa dari kita semua untuk kesembuhan pasien ini (korban erupsi Marapi),” pungkasnya.