Selasa, 12 Desember 2023 17:19 WIB

Kunjungan BPOM Pusat  Asistensi Regulatori CPOB, Pendampingan Persiapan Laboratorium Stem Cell dan Bank Jaringan

Responsive image
Khairian - RSUP dr. Djamil Padang
174

Padang (11/12) - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pusat melakukan kunjungan ke RSUP Dr M Djamil dalam rangka  Asistensi Regulatori Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) di RSUP Dr M Djamil, Padang..

Kunjungan ini sebagai tindak lanjut pembangunan laboratorium jaringan dan sel punca di RSUP Dr M Djamil untuk mempersiapkan laboratorium sesuai standar yang telah ditetapkan. Pendampingan ini juga terkait hal dan regulasi perlu dipersiapkan dalam proses memperoleh sertifikat CPOB,  baik bangunan maupun dokumen sebagai syarat untuk mendapatkan sertifikat kelaikan.

Rombongan BPOM ini dipimpin Shanti Marlina Ssi .Apt. GMP Inspector and Stem Cell BPOM Pusat dan Muhammad Wildan, serta pendampingan dari BPOM Padang, Aria Bogorianti Asgul, Musfarli  dan Fitra Yelli.

Dalam kegiatan ini, rombongan di sambut langsung oleh Direktur Utama RSUP Dr M Djamil, Dr. dr. Dovy Djanas, Sp.OG-KFM, MARS beserta Jajaran Direksi, Kepala Instalasi Bank Jaringan serta unsur pimpinan unit terkait di lingkungan RSUP Dr M Djamil.

Dalam sambutannya di Ruang Rapat Direksi, Direktur Utama RSUP Dr M Djamil, Dr. dr. Dovy Djanas, Sp.OG-KFM, MARS mengucapkan selamat datang kepada rombongan BPOM serta ucapan rasa syukur atas kunjungan dalam rangka  Asistensi Regulatori CPOB oleh BPOM.

Dikatakan Dirut, kunjungan ini tidak hanya mencerminkan dedikasi dalam meningkatkan standar kualitas, tetapi juga sebagai langkah yang vital dalam memastikan ketersediaan terapi dan obat-obatan berkualitas tinggi bagi masyarakat.

“Tentunya kami merasa senang dengan kunjungan langsung dari BPOM ini,” ujarnya.

Ia menyebut, Asistensi Regulatori CPOB yang akan dilakukan difokuskan pada fasilitas produksi stem cell atau sel punca di RSUP Dr. M. Djamil. Dengan dikembangkannya teknologi stem cell di RSUP Dr M Djamil akan memiliki potensi besar untuk membawa berbagai manfaat dalam bidang kesehatan dan pengobatan.

“Stem cell memiliki kemampuan unik untuk memperbaiki dan meregenerasi jaringan tubuh yang rusak atau terganggu. Selain itu, Rumah sakit yang terlibat dalam penelitian stem cell dapat menjadi pusat inovasi dan pengetahuan dalam bidang pengobatan regeneratif. Ini memungkinkan para peneliti untuk menggali lebih dalam potensi stem cell, mengembangkan teknik baru, dan memperluas pemahaman terhadap berbagai kondisi medis,” ulas dr. Dovy sembari mengatakan Penelitian terus-menerus menjadi fondasi utama dalam pengembangan teknologi stem cell.

Untuk saat ini, dr. Dovy mengungkapkan Layanan Stem Cell dan Bank Jaringan di RSUP Dr M Djamil merupakan layanan unggulan di rumah saakit tersebut. Bank jaringan RSUP Dr.M.Djamil merupakan satu-satunya bank jaringan di luar pulau jawa atau yang ke-lima di indonesia, yang bertugas untuk meneliti dan mengembangkan teknologi pengawetan jaringan biologis yang disterilkan dengan partikel elektron yang berkualitas tinggi.

“Di luar pulau Jawa, Kami (RSUP Dr M Djamil) satu-satunya yang memiliki bank jaringan,”ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya berharap melalui asistensi tersebut dapat mendukung para profesional kesehatan dan industri farmasi serta Bank Jaringan dalam meningkatkan pemahaman mereka tentang persyaratan CPOB yang mutlak diperlukan  dan memenuhi standar yang ditetapkan.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan prinsip-prinsip CPOB dalam pengembangan obat-obatan dan teknologi stem cell. Kami berharap melalui sesi-sesi diskusi dan pertukaran ide, kita dapat mengidentifikasi tantangan yang ada, mengeksplorasi solusi terbaik, dan memperkuat kerjasama untuk memastikan bahwa penggunaan teknologi stem cell ini diimplementasikan dengan tepat dan sesuai dengan standar kualitas yang tingg,”cetus dokter subspesialis Fetomaternal itu.

Kepada civitas hospitalia RSUP Dr Djamil, dr. Dovy juga menyampaikan harapan untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk memperluas pengetahuan tentang prinsip-prinsip CPOB yang relevan dengan teknologi stem cell.

“Semoga acara ini menjadi tonggak awal bagi kemajuan yang berkelanjutan dalam penerapan teknologi ini demi kesejahteraan pasien dan kemajuan ilmu kedokteran,” pungkasnya.

Usai gelaran pembukan dilanjutkan dengan paparan dari Sarana untuk Overview dan Progress Sertifikasi oleh Kepala Instalasi Bank Jaringan RSUP Dr M Djamil, dr. Benni Raymond Sp.BP- RE(K), selanjutnya Penyampaian Lisan dan Lead Auditor oleh Shanti Marlina Ssi .Apt dan dilanjutkan Visitasi Lapangan dan Review Dokumen dan ditutup dengan pembacaan hasil berita acara.