Jumat, 08 Desember 2023 16:46 WIB

Kunjungan Belajar, RSUP Dr M Djamil Sambut Mahasiswa Universiti Kebangsaan Malaysia

Responsive image
Khairian - RSUP dr. Djamil Padang
202

Padang (08/12) - RSUP Dr M Djamil sambut kunjungan Mahasiswa Fakulti Perubatan, Department Of Public Health Medicine Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dalam rangka kunjungan belajar, Jumat (8/12) di Aula Lantai IV Poliklinik Rawat Jalan.

Rombongan dari UKM itu dipimpin langsung oleh Assc. Prof. Dr. Aniza Ismail, MD.M Comm Health, Ph.D dan didampingi oleh Koordinator Ilmu Administrasi Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, Ayulia Fardila Sari, SKM, M.Ph.

Dihadapan para mahasiswa yang menempuh jenjang pendidikan strata satu dan dua itu, manager unit tim kerja RSUP Dr M Djamil memaparkan tentang profil dan tata kelola manajemen di RSUP Dr M Djamil. 

Kedatangan rombongan disambut langsung Direktur Utama RSUP Dr M Djamil beserta jajaran direksi, serta manager dan asisten manager, kepala komite, kepala instalasi tim kerja di lingkup RSUP Dr M Djamil. Dalam sambutannya, Direktur Utama RSUP Dr M Djamil mengucapkan selamat
datang kepada rombongan yang sudah berkunjung ke RSUP Dr M Djamil.

“Kami, keluarga besar RSUP Dr. M. Djamil dengan senang hati menyambut kedatangan Bapak/Ibu dari Fakulti Perubatan, Department of Public Health Medicine UK Malaysia beserta rombongan yang telah meluangkan waktu untuk melakukan kunjungan belajar ke rumah sakit kami hari ini,” ujarnya.
Diakuinya, RSUP Dr M Djamil merasa terhormat terhormat dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk berbagi informasi, pengalaman, serta praktik terbaik yang dimiliki di RSUP Dr. M. Djamil.

Dr Dovy menjelaskan,RSUP Dr. M. Djamil merupakan salah satu rumah sakit vertikal di bawah Kementerian Kesehatan dan menjadi rumah sakit rujukan utama di lima provinsi Sumatera. menjadi pengampuan dari empat penyakit fokus Kemenkes, yakni penyakit jantung, stroke, kanker dan gangguan ginjal.

“RSUP Dr. M. Djamil memiliki beberapa layanan unggulan, seperti Instalasi Pusat Jantung Terpadu, Instalasi Bank Jaringan/ Stem cell, Pelayanan Geriatri Terpadu, dan PONE,” ungkapnya.

Lebih lanjut dr Dovy mengatakan, RSUP Dr. M. Djamil merupakan rumah sakit tipe A telah ditetapkan sebagai Rumah Sakit Pendidian Utama Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang. Termasuk dalam kategori Rumah Sakit Pendidikan yang memiliki fungsi sebagai tempat pendidikan, penelitian, dan pelayanan kesehatan secara terpadu dalam bidang pendidikan kedokteran dan/ atau kedokteran gigi, pendidikan berkelanjutan, dan pendidikan kesehatan lainnya secara multiprofesi. Baru-baru ini RSUP Dr M Djamil juga melaksanakan akreditasi rumah sakit dengan predikat Paripurna.

“Tentunya Transformasi pelayanan kesehatan adalah tantangan mutakhir yang mesti kita wujudkan sebagai institusi pelayanan kesehatan. Dalam meningkatkan upaya memparipurnakan transformasi pelayanan kesehatan, dibutuhkan kolaborasi semua pihak. Kolaborasi seluruh tenaga kesehatan, manajemen rumah sakit, pemerintah daerah, institusi pendidikan, organisasi profesi dan serta seluruh lapisan masyarakat untuk memastikan pelayanan kesehatan yang diberikan,” ucapnya.

Transformasi Kesehatan Indonesia merupakan sebuah inisiasi yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang mencakup 6 pilar transformasi, yaitu: transformasi Layanan Primer, Layanan Rujukan, Sistem Ketahanan Kesehatan, Sistem Pembiayaan Kesehatan, SDM Kesehatan, dan Teknologi Kesehatan. Untuk itu dr Dovy menyebut pihaknya secara bersama bertransformasi dari tiap-tiap pilar yang ditujukan untuk mencapai kualitas kesehatan Indonesia yang lebih baik.

“Kunjungan belajar seperti ini sangat berarti bagi kami karena memberikan kesempatan untuk saling bertukar pengetahuan, pengalaman, serta mendiskusikan inovasi terkini di bidang kesehatan. Kami berharap kunjungan ini dapat menjadi langkah kita dalam membangun kolaborasi yang erat antara kedua institusi untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan kepada masyarakat,” pungkas Direktur
Utama itu sembari berharap pertemuan ini dapat memunculkan ide-ide baru dan inovatif yang dapat kita implementasikan demi kebaikan bersama serta membawa manfaat yang besar dan menjadi awal dari hubungan yang harmonis serta saling mendukung di masa yang akan datang.

Sementara itu, Koordinator Ilmu Administrasi Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masayarakat Universitas Andalas, Ayulia Fardila Sari, SKM, M.Ph. Menyebutkan pihaknya bersama Fakulti Perubatan, Department Of Public Health Medicine Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) merasa bahagia atas sambutan dan kesempatan yang diberikan manajemen RSUP Dr M Djamil untuk belajar di RS kebanggan ranah minang tersebut.

“Kami beserta rombongan mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan dan tentunya banyak ilmu bermanfaat yang kami terima dari kunjungan ini,” ungkapnya.

Dalam pertemuan salama tiga jam tersebut, tidak hanya tentang paparan manajemen RSUP Dr M Djamil, tapi juga dilaksanakan sharing dan diskusi bersama.