Jumat, 08 Desember 2023 16:26 WIB

Pelatihan : “Emergency Medical Services (EMS) Di RSO Soeharso”

Responsive image
Bowi/Humas - RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta
96

Sukoharjo (07/12) - Angka kesakitan dan kematian di luar rumah sakit dapat dikurangi dengan menghadirkan layanan pra-hospital yang terorganisir dalam sistem Emergency Medical Services (EMS) dan tersedianya public safety agency atau di Indonesia lebih dikenal sebagai Public Safety Center (PSC) 119. Berdasarkan data dari Pan-Asian Resuscitation Outcome Study (PAROS), serangan jantung menjadi penyebab kematian tertinggi di negara- negara Asia, menurut WHO 90% kecelakaan di seluruh dunia terjadi di negara berkembang yang menyebabkan kurang lebih 5,8 juta orang meninggal tiap tahunnya. Rendahnya pelayanan kesehatan pra-hospital bisa jadi merupakan salah satu penyebab tingginya angka kematian tersebut. Pengetahuan praktis mengenai BLS/BTLS/PPGD saja tidak cukup untuk dapat menyediakan layanan ambulans yang baik, namun diperlukan pengetahuan konsep dan manajerial yang baik. Untuk itu, sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, perlu kiranya dilaksanakan workshop bagi tenaga kesehatan, pemegang kebijakan, dan pihak terkait untuk lebih memahami sistem EMS dan pada akhirnya dapat mengembangkan peran PSC sebagai ujung tombak sistem EMS di daerah masing-masing.

Tim Kerja Pendidikan dan Pelatihan RSO Soeharso menyelenggarakan pelatihan emergency medical services (EMS) selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 06 – 08 Desember 2023 bertempat di Ruang Auditorium lantai 3 Gedung Perkantoran. Pelatihan EMS dibuka oleh Direktur SDM, Pendidikan dan Penelitian, drg. Moh. Nur Nasiruddin, M. Kes yang menyampaikan banyak terima kasih kepada para peserta dokter dan perawat RSO Soeharso yang mau menyempatkan waktunya untuk mengembangkan kompetensinya dalam pelayanan pasien. Dan terima kasih juga kepada para narasumber atas kesediaannya berbagi ilmu dan pengalaman dalam menanggani pasien. Semoga dalam 2 (dua) hari ini, dapat dimaksimalkan dalam pelatihan ini dan mengimplementasikan ilmunya.

Sebagai narasumber dalam pelatihan EMS adalah Dr. Ali Haedar, Sp.EM, KPEC, FAHA, Ns. Suryanto, S.Kep,M. Nurs, Ph.D., dan Ns. Purwoko Sugeng Harianto, S.Kep., M.Kep. Dengan materi Sistem EMS, Operasional Ambulans, Medical Direction, Keselamatan Ambulans, Respon EMS pada Situasi Pandemi, Transfer Pasien Antar Fasilitas Kesehatan dengan Ambulans, dan Partisipasi Masyarakat dalam Sistem EMS. 

Ketua Tim Kerja Pendidikan dan Pelatihan, dr. KSHANTI ADHITYA, Sp.EM, MM, sangat bersyukur akan terlaksanannya pelatihan ini. Dan sejumlah 34 peserta pelatihan diharapkan peserta dapat membangun sistem EMS yang baik, dengan keterlibatan utama pada PSC 119 dan layanan ambulans lainnya, peserta dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan pada pre-hospital emergency care, dan pada akhirnya peserta dapat memperbaiki pelayanan gawat-darurat.


INFO LEBIH LANJUT :
No. Telp : 0271-714458 ext.118
Website : www.rso.go.id
E-mail : rso_solo@rso.go.id