Kamis, 07 Desember 2023 14:13 WIB

Cervical Cancer Prevention Training In Collaboration With MD Anderson Cancer Center And Dharmais National Cancer Center

Responsive image
Humas - RS Kanker Dharmais - RS Kanker Dharmais Jakarta
120

Jakarta (29/11) - RS Kanker Dharmais selaku Pusat Kanker Nasional bekerja sama dengan MD Anderson Cancer Center mengadakan Cervical Cancer Prevention Training yang dihadiri oleh para dokter umum dan dokter spesialis obstetri ginekologi serta bidan dari beberapa rumah sakit di Jakarta dan sekitarnya tanggal 29-30 November 2023.

Kathleen Schmeler, M.D. selaku Profesor Ginekologi Onkologi dari MD. Anderson Cancer Center dan dr. R. Soeko W. Nindito D., MARS selaku Direktur Utama RS Kanker Dharmais memberikan sambutan dalam kegiatan Cervical Cancer Prevention Training yang kemudian secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan yang diwakilkan oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan drg. Yuli Astuti Saripawan, M.Kes. Beliau menyampaikan bahwa Kementerian Kesehatan menyambut baik kegiatan pelatihan dan seminar ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan terutama skrining dan deteksi dini kanker serviks di Indonesia.

Acara Cervical Cancer Prevention Training dibagi ke dalam beberapa sesi dimana, pada sesi 1 kegiatan ini dimoderator oleh dr. Muhammad Yusuf, Sp.OG,SubSp.Onk dengan narasumber dr. Widyorini Lestari H, Sp.OG(K).Onk., Kathleen Schmeler, M.D., Ellen Baker, M.D., M.P.H. dan Mila Salcedo. Kemudian, pada sesi 2 kegiatan ini dimoderator oleh dr. Johan Ricardo, Sp.OG dengan narasumber Kathleen Schmeler, M.D., Ellen Baker, M.D., M.P.H. dan Mila Salcedo. Kemudian, dilanjutkan Hands-on training with simulation sessions dimana terbagi dalam 4 grup yang terdiri dari station 1 Colposcopy, biopsy and endocervical curettage, station 2 LEEP, station 3 Cryotherapy/Thermal ablation dan station 4 Colposcopy images.

Dari pelaksanaan kegiatan Cervical Cancer Prevention Training In Collaboration With MD Anderson Cancer Center And Dharmais National Cancer Center ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan dan dapat meningkatkan kompetensi dari para dokter umum, dokter spesialis ginekologi onkologi serta bidan karena mendapatkan bimbingan langsung dari para dokter dan konsultan onkologi serta professor dari MD Anderson Cancer Center.

Para konsultan dari MD Anderson juga sempat melakukan pembahasan kasus dalam kegiatan Multi Disiplinary Team (Tim Kerja) Kanker Gynekologi. Kemudian melakukan diskusi terkait Rencana Aksi Nasional Eliminasi Kanker Leher Rahim dengan para pakar di RS Kanker Dharmais dan Tim Kerja Kanker Kementerian Kesehatan. Pada acara makan malam, Tim MD Anderson dan tim RS Kanker Dharmais berdiskusi dengan Bapak Menteri Kesehatan serta Bapak Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan.