Kamis, 07 Desember 2023 13:48 WIB

Pertemuan Pembahasan Penyusunan Usulan Tarif RSV

Responsive image
NRI - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
123

Jakarta (07/12) – Direktorat Tata Kelola Pelayanan Kesehatan Ditjen Yankes Kemenkes menyelenggarakan pertemuan pembahasan penyusunan usulan tarif rumah sakit vertikal pada Kamis, 07 Desember 2023 di Jakarta Selatan.

Acara tersebut merupakan lanjutan dari rangkaian acara yang telah dilaksanakan sebelumnya yaitu dalam rangka penyusunan tarif rumah sakit vertikal. Dimulai dari perhitungan unit cost, penyamaan nomenklatur dan tahap akhir yakni penyusunan tarif.

Direktur Tata Kelola Pelayanan Kesehatan, dr. Sunarto, M.Kes membuka pertemuan yang mengundang seluruh perwakilan dari rumah sakit vertikal Kemenkes tersebut. Dalam sambutannya, ia pun mengutarakan hasil yang ia harapkan terhadap diselenggarakannya pertemuan itu.

“Kita mengharapkan hasil dari pertemuan kali ini adalah tersusunnya PMK dengan tarif kolektif. Dimana 1 PMK tarif untuk BLU dalam rumpun dan kekhususan yang sama. PMK ini akan mencakup seluruh layanan BLU dengan bentuk tarif interval sesuai dengan zona.

Hasil yang kita harapkan tentunya adalah dapat mengurangi jumlah PMK, BLU dengan layanan baru langsung dapat menjalankan layanan (tanpa melakukan revisi PMK) dan BLU baru dapat menjalankan layanan melalui plotting zonasi BLU dalam Perdirjen, dimana sebelumnya harus ditetapkan melalui PMK atau masing-masing BLU.” Jelas dr. Sunarto, M.Kes.