Rabu, 06 Desember 2023 17:42 WIB

Presiden Ir H Joko Widodo , Resmikan RSUP dr Ben Mboi Kupang

Responsive image
(ant/rfs) - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
152

Kupang (06/12) – Presiden Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo meresmikan secara langsung Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Ben Mboi Kupang, Nusa Tenggara Timur. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo. Presiden Republik Indonesia didampingi langsung oleh Menteri Kesehatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Wakil Ketua Komisi IX DPR-RI, Pj Gubernur Nusa Tenggara Timur, Pj Walikota Kupang, serta dr. Andi Nafsiah Walinono Mboi, Sp.A, MPH selaku perwakilan dari keluarga dr Ben Mboi.

Dalam sambutannya, Presiden mengatakan pemerataan infrastruktur kesehatan yang paripurna harus dilakukan hingga ke timur Indonesia untuk mencapai pemerataan akses kesehatan bagi masyarakat.

“Semoga ini menjadi infrastruktur kesehatan di NTT dan juga bisa meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta, cukup di sini, semua bisa ditangani. Saya lihat juga alkesnya super modern, ada MRI, CT Scan, saya berpikir ini yang mengoperasikan ada atau tidak? Karena alatnya ini sangat modern harusnya bisa bekerjasama dengan RS yang lain. Yang paling penting adalah penambahan tenaga kesehatan spesialis dan subspesialis harus segera dikejar, agar kekurangan yang ada bisa segera dipenuhi” ungkap Presiden.

RSUP dr Ben Mboi Kupang adalah RS terbesar di Indonesia bagian timur utamanya di NTT. RSUP dr Ben Mboi Kupang menempati lahan seluas kurang lebih 14 hektare dan dengan lusa bangunan sebesar 35 ribu meter persegi. RSUP dr. Ben Mboi Kupang resmi melayani pasien secara umum dan bekerja sama dengan BPJS sejak tanggal 1 Juni 2023. Rumah sakit menyiapkan sejumlah tenaga dokter spesialis untuk dapat melayani kasus Kanker, Jantung, Strok, dan Uronefrologi (KJSU).

Pembangunan infrastruktur kesehatan khususnya untuk wilayah timur terus dilakukan untuk memperluas jangkauan pelayanan kesehatan. Pendirian RSUP dr Ben Mboi Kupang adalah rumah sakit Kedua yang dibangun Kemenkes di Kawasan Timur Indonesia setelah Rumah Sakit pertama di Ambon Maluku (RSUP dr. J.Leimena) dalam kurun waktu 2018-2024.

Dalam laporannya Menteri Kesehatan menyampaikan saat ini tengah dibangun dua rumah sakit superhub untuk wilayah tengah dan timur Indonesia dengan pelayanan kesehatan sekelas RSCM. Kedua, superhub ini direncanakan selesai sebelum bulan Agustus tahun depan.

“Satu RS superhub dibangun di Surabaya mudah-mudahan tahun depan sudah selesai di Juni-Juli untuk menarik pasien yang lebih kompleks, membutuhkan perawatan dari Bali, NTB, NTT itu ditarik di surabaya. Superhub kedua di Makassar untuk RS Leimena Ambon, Papua, dan Kalimantan. Kelasnya mendekati RSCM, dua RS besar ini,” ungkap Menteri Kesehatan.

Sampai saat ini di RSUP dr Ben Mboi Kupang telah tersedian berbagai layanan dokter spesialis antara lain, spesialis Bedah, Penyakit Dalam, Anak, Kebidanan & Kandungan, Anestesi, Radiologi, Paru, Patologi Anatomi, Patologi Klinik, THT, Mata, Gigi Prosthodontia, Urologi, Bedah Vaskuler, Bedah saraf (neurologi intervensi), Radiologi Onkologi, dan Ahli Jantung.

RSUP dr Ben Mboi Kupang juga didukung dengan berbagai alat kesehatan yang mutakhir, antara lain adalah Digital X-ray, Mobile X-ray, Dental X-ray, Mammography, Fluoroscopy, CT Scan 128 Slice, MRI 1,5 Tesla, Ultrasonography, Echocardiography, ESWL, Endoscopy, Laparoscopy, Bronchoscopy, Endo Urologi, Laser Urologi, Hemodialisa, Cath Lab Hybrid, dan Set Laboratorium.