Selasa, 05 Desember 2023 08:52 WIB

RSO Soeharso Sebagai RS Rujukan Event FIFA U-17 World Cup 2023

Responsive image
Bowi/Humas - RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta
268

Sukoharjo (04/12) - RS Ortopedi Prof Dr R Soeharso merupakan RS pendukung dan rujukan Event FIFA U 17 World Cup 2023 yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan untuk Venue Stadion Manahan Solo. Penetapan sebagai RS rujukan ini melalui koordinasi antara pihak Local Organizing Committee PSSI dengan Direktorat Tata Kelola Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan. Kesiapan dan kesediaan RSO Soeharso sebagai RS rujukan yang sesuai dengan Medical Guidelines FIFA telah dikoordinasikan sejak bulan Oktober 2023. 

RSO Soeharso sebagai RS Rujukan event FIFA U 17 World Cup 2023 memberikan komitmen terkait pelayanan rujukan yang salah satunya adalah : berkomitmen dalam pengeluaran laporan hasil pemeriksaan penunjang medis delegasi dan peserta FIFA U-17 World Cup 2023 yang telah diverifikasi oleh dokter DPJP yang efektif dan efisien (cepat dalam pelayanan) dan dapat dikirimkan secara online; berkomitmen dalam pelayanan medis dan non medis; berkomitmen menyediakan SDM yang akan menjadi PIC administratif yang berkaitan dengan administratif asuransi internasional setiap delegasi dan peserta FIFA U-17 World Cup 2023.
RSO Soeharso telah membentuk Tim Kesehatan event FIFA U 17 World Cup 2023 yang
diketuai dr. Asep Santoso, Sp.OT (K),M.Kes. yang melibatkan semua satuan kerja terkait
seperti IGD, Poliklinik, Rawat Inap, Radiologi, Rehabilitasi Medik, Pelayanan Ambulance,
Laboratorium, Rekam Medis, dan Keuangan sehingga mampu memenuhi komitmen
pelayanan kesehatan sesuai ketentuan.

Selama event pertandingan di Stadion Manahan 10 November – 2 Desember 2023, Tim
Kesehatan yang bertugas di Venue Stadion Manahan Solo terbagi sebagai tim Player Medical
Center dr. Kshanti Adhitya, SpEM, MM dan Tim Kesehatan di area spectator terdiri dari dr.
Agung Ari Budy Siswanto, SpAn, KIC, M.Kes, dr. Hafid Septian Nugroho dengan tim
perawat terdiri dari Heru Susanto, S.Kep, Ners, Adi Fitrianto, AMK, Yusstanto, S.Kep, Ners
dan driver ambulance Andhy Prasetyo. Tim Player Medical Center bertugas selama 8 hari
untuk 14 pertandingan. Sedangkan Tim Spectator bertugas dalam 5 hari dalam 5
pertandingan di venue Stadion Manahan. 

Sebagai RS Rujukan, RSO Soeharso telah mendapat 9 kunjungan konsultasi cedera musculoskeletal yang terdiri dari 7 pemain berasal dari negara Maroko, Jerman, dan Perancis. DPJP yang menjadi konsultan medis melibatkan subdivisi hip knee dan subdivisi hand melibatkan dr. Asep Santoso, Sp.OT (K),M.Kes., dr. Seti Aji Hadinoto, Sp.OT (K),M.Biomed, dr. Muhammad Riyadli Sp.OT (K), dan dr. Bagus Iman Brilianto, Sp.OT. 

Konsultan radiologi melibatkan dr. R.Safil Rudiarto H., Sp.Rad,MM., dr. Leli Sabariyah, Sp.Rad, dan dr. Imam Mustika, Sp.Rad. Kasus muskoloskeletal rujukan mendapatkan tatalaksana konservatif setelah menjalani serangkaian pemeriksaan CT Scan, MRI, USG di Instalasi Radiologi oleh Tim Radiographer. 

Alhamdulillah serangkaian tugas sebagai RS rujukan event FIFA U17 World Cup 2023 berjalan dengan lancer dan sukses, mendapatkan apresiasi dari penyelenggara, bahkan RSO  Soeharso mendapatkan cindera mata dari tim Jerman berupa kaos jersey kesebelasan Jerman dan beberapa souvenir yang ditandatangani oleh pemain dan dokter SpOT dari Jerman. RSO telah menuntaskan tugas negara serta berperan serta mendukung event olahraga internasional, semoga menjadi pengalaman berharga dalam menyongsong tugas negara berikutnya.