Senin, 27 November 2023 15:50 WIB

RSUP dr. Kariadi Semarang Selenggarakan Pelatihan Bekerja Sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
168

Semarang (27/11) - Tingkatkan Kemampuan Peneliti Rumah Sakit dalam Penyusunan Protokol Penelitian, RSUP dr. Kariadi Semarang Selenggarakan Pelatihan Bekerja Sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN),

RSUP dr. Kariadi Semarang bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Protokol Penelitian di Fasilitas Rumah Sakit di Aula Lantai 6 Gedung Penunjang RSUP dr. Kariadi Semarang. Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Sumber Daya Manusia, Pendidikan, dan Penelitian RSUP dr. Kariadi Semarang Sri Utami, SKM, MARS. Dalam sambutannya beliau berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk mewujudkan kerjasama agar dapat berkolaborasi dalam menyusun protokol penelitian yang berkualitas dan sesuai standar.

Pengarah Pelatihan Badan Riset dan Inovasi Negara Dr. dr. Harimat Hendrwan, M.Kes mengatakan bahwa protokol penelitian merupakan dokumen penting yang menjadi dasar pelaksanaan penelitian. Oleh karena itu, penyusunan protokol penelitian harus dilakukan dengan cermat dan sesuai dengan standar. Dalam sambutannya beliau juga menyampaikan bahwa Rumah Sakit merupakan tempat yang tepat untuk melakukan penelitian klinis karena memiliki fasilitas dan sumber daya yang memadai untuk mendukung penelitian klinis, seperti pasien, tenaga medis, dan peralatan medis.

Ketua Panitia penyelenggara Dr.dr. Mexitalia, Sp.A(K)., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu mulai tanggal 27-28 November, 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta yang sudah diseleksi oleh tim panitia penyelenggara dari 36 pendaftar berdasarkan draft proposal penelitian yang dikirimkan.

Melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan peneliti rumah sakit dalam menyusun protokol penelitian yang berkualitas. Dengan demikian, penelitian klinis berbasis rumah sakit di RSUP dr. Kariadi Semarang dapat berjalan dengan lancar dan memperoleh hasil yang bermanfaat bagi pengembangan pelayanan kesehatan masyarakat.